Pantai Pulau Bawean di Gresik



Pulau Bawean yang berjarak 80 mil atau juga 120 km dari kota Gresik dan harus membutuhkan waktu 3 jam bila ditempuh dengan cara menggunakan kapal cepat atau bisa 8 jam bila ditempuh menggunakan kapal biasa. Dilihat Secara geografis kepulauan Bawean ini terletak antara 112 45’ Bujur Timur dan juga 5 45’Lintang Selatan. Luas wilayah nya sebesar 196,27 Km. kepulauan Bawean ini juga terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan juga Kecamatan Tambak. Sejarah tentang Pulau Bawean ini usut punya usut ternyata dulu Bawean ini dikenal dengan sebutan “Pulau Puteri” dikarenakan mayoritas penduduknya ialah kaum perempuan. Kaum lelaki di Bawean umumnya pada merantau ke negeri seberang.

Tetapi sekarang julukan Pulau Puteri itu sudah jarang terdengar lagi, lantaran para kaum hawa Bawean telah banyak yang merantau ke luar negeri, bahkan juga sebagian diantaranya telah menjadi penduduk tetap negeri jiran, seperti Malaysia dan juga Singapura. Dalam legenda pulau putri, pulau bawean ini  tempat berlabuhnya keluarga dari  sebuah kerajaan Campa yang akan menuju ke pulau Jawa, mereka berlabuh dikarenakan seorang  Putri raja tersebut sakit, dan juga konon katanya meninggal di bawean, untuk menghormati sang putri, pulau tersebut dinamakan yakni pulau putri. Sampai sekarang ini pun makam beliau masih ada tepatnya yang berada di desa Kumalasa yang dikenal sebagai makam dengan nama jujuk Campa.

Pulau Bawean Sore Hari

Ada juga fakta yang menarik tentang Pulau Bawean ini, ialah ternyata oh ternyata salah satu fenomena yang begitu khas dari Pulau Bawean adalah menu ikan yang amat berlimpah. Masyarakat Bawean ini menanam sayuran secara terbatas seperti sawi,lalu bayam, kangkung dan juga singkong, sedangkan sayuran lain seperti wortel, dan juga cabai dibawa dari kota Gresik. Hal ini yang mengakibatkan harga sayuran pun menjadi sangat mahal bila tidak ada kapal yang sedang berlabuh yang membawa sembako dan juga sayuran.

Para Penelusur tidak usah khawatir tentang wisata ini, dikarenakan selain disuguhi akan keindahan alamnya yang sangat amat aduhai, Para wisatawan juga akan disuguhi berbagai macam flora dan juga fauna. Karena secara keseluruhan di Pulau Bawean mempunyai panorawa wisata yang dengan ragam akan flora dan juga fauna beraneka jenis dan juga warna serta pesona taman lautnya yang  menghiasi pemandangan pulau ini. Di Bawean ini juga terdapat spesies rusa yang hanya ditemukan atau (endemik) di Bawean ini, yaitu Axis kuhli. Selain itu juga di Pulau Bawean juga ditanam oleh manggis, salak, lalu buah merah, dan juga durian untuk konsumsi lokal. Dan Puluhan spesies ikan laut juga sudah terdapat di pantai pulau ini.

Suka artikel berjudul Pantai Pulau Bawean di Gresik, Yuk bagikan ke: