Pantai Tanah Lot di Bali yang Mendunia



Salah satu Tempat wisata yang paling menarik di Bali selain di Kuta dan Ubud yang wajib dan patut dikunjungi ialah, Pantai Tanah Lot. Obyek wisata Tanah Lot ini lokasinya pun tidak begitu terlalu jauh dari kedua tempat obyek wisata di Kuta maupun Sanur. Sekitaran 1 jam perjalanan yang di tempuh dari Kuta atau bisa juga satu setengah jam dari desa wisata di Ubud Gianyar. Rute yang menuju tempat pantai sangatlah mudah dilalui yaitu dengan kendaraan bus maupun bisa juga mobil pribadi. Lokasi pantai Tanah Lot ini berada di Desa Braban, di Kabupaten Tabanan.

Di Desa ini juga yang bertugas sebagai pengelola pantai yang menyediakan lahan parkir pengunjung yang cukup luas. Dari areal parkir ini pengunjung diharus melalui jalan berupa setapak untuk menuju lokasi pantai tanah lot. Dan harga tiket masuk ke tanah lot untuk dewasa bagi wisatawan yang berasal dari dalam negeri sejumlah Rp 10.000 per orang, sedangkan untuk anak-anak yaitu sejumlah Rp 7.500.000 per orang. Sama juga halnya seperti pada obyek wisata favorit yang lainnya, tiket masuk untuk wisatawan yang berasal dari luar negeri juga berbeda dengan dari dalam negeri. Tiket untuk wisatawan asing untuk dewasa yaitu sejumlah Rp 30.000 per orang, dan untuk anak-anak sejumlah Rp 15.000 per orang. Tiket masuk ini dibuka mulai pukul 07.00 sampai 19.00.WITA
Pantai Tanah Lot Yang di Hempas Ombak

Tanah Lot ini merupakan Sebuah bangunan berupa pura yang berdiri megah dan kokoh di atas batu karang yang terletak pada bibir pantai. Sesuai dengan nama tempatnya, pura tersebut juga diberi nama pura Tanah Lot. Tempat suci bagi para umat Hindu yang ada di Bali yang sangat dijaga betul kesakralannya, tidak semua orang atau wisatawan yang datang diperbolehkan masuk ke daerah pura tanah lot ini. Hanya merekalah yang mempunyai tujuan untuk sembahyang, dan yang boleh diijinkan masuk harus menggunakan kain selendang. Jika air pada pantai tanah lot ini sedang pasang, untuk menuju ke kawasan pura, harus menaiki perahu, karena air laut yang melebihi 2 meter jika dibandingkan pada saat air laut surut sekitar 0,5 meter.
Pantai Tanah Lot Ramai Wisatawan

Menjelang sore harinya wisatawan mulai ramai berdatangan ke pantai tanah lot. Matahari yang mulai beranjak tenggelam sangat memperindah suasana pada saat ini. Wisatawan tidak akan sia-sia meluangkan waktunya dari Kuta atau dari Nusa Dua menuju ke pantai Tanah Lot yang indah. Pesona senja di pantai tanah lot begitu sangat mengesankan dengan adanya penampilan tari Kecak yang meramaikan suasana akan menambah keindahan di pantai Tanah Lot. Cukup dengan membayar uang sejumlah  Rp 50.000 untuk semua umur dan dapat menyaksikan tarian kecak tersebut sekitar pukul 17.30 wita. Penarinya yang berjumlah lebih dari 20 orang ini dan sebagian besar ialah kaum laki-laki. Dengan semangatnya, para penari tersebut berteriak cak…cak…cak…yang memecah kesunyian di pantai tanah lot.
Suka artikel berjudul Pantai Tanah Lot di Bali yang Mendunia, Yuk bagikan ke: