Permainan Silat Kuntau Dari Sumatra Selatan



Kutau merupakan jenis permainan rakyat yang berasal dari Dusun Taba Pingin, di Kecamatan Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Permainan Kutau ini merupakan salah satu dari jenis beladiri yang terkenal dengan nama Silat Kuntau. Silat Kuntau ini dimainkan oleh 2 (dua) orang atau lebih pada saat perayaan adat oleh para remaja laki-laki. Permainan ini dilakukan tanpa menggunakan peralatan, namun biasanya permainan ini diiringi oleh alat musik gamelan, kentongan, gendang, dan lainnya.

Sebelum melakukan pertunjukan Silat Kuntau, maka terlebih dahulu dipersiapkan tempat duduk untuk para tamu terhormat dan juga para penonton umum. Setelah semuanya persiapan siap, kedua pemain lalu dipanggil keatas arena pertunjukan dan diperkenalkan kepada para penonton dan pemain ini biasanya akan dipanggil baik nama maupun asalnya. Setelah pemain ini diperkenalkan, maka kedua pemain ini akan saling bersalaman dan akan segera pasang aksi. Masing-masing pemain mencari kelengahan dari lawannya dan akan dipimpin oleh seorang wasit. Kedua pemain ini juga berusaha untuk saling memukul, dimana pukulan dari permainan in hanya berupa pukulan semu, yaitu pukulan yang tidak menyakiti lawan. Yang sangat diutamakan dalam pertunjukan ini adalah unsur seninya.

Adapun penentuan siapa yang kalah dan menang, itu tidak penting. Lama dari permainan tergantung wasit yang akan memisahkannya. Permainan ini sangat penting sekali sebagai latihan beladiri, baik itu dari serangan para penjahat maupun serangan dari binatang buas. Silat Kuntau ini konon diwariskan kegenerasinya secara turun temurun dan hanya kepada keturunan pilihan.

Suka artikel berjudul Permainan Silat Kuntau Dari Sumatra Selatan, Yuk bagikan ke: