Pesona Teluk Kiluan

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Siapa yang tidak merasa gemas melihat tingkah laku polah lumba-lumba yang lucu dan imut? Kalau bagi travelers ingin melihat aksi lucu dari lumba-lumba di tengah laut lepas ini, tidak usah perlu jauh-jauh dan semahal ke tempat Lovina yang ada di Bali. Di Lampung juga mempunyai tempat wisata yang amat memesona di mana bisa menyaksikan dan meliahat hewan-hewan lucu itu di habitat aslinya dan di laut pastinya. Selain itu juga, wisatawan bisa menikmati akan keindahan pantai yang bersih dengan adanya hamparan pasir putih begitu lembut serta menyaksikan latar belakang berupa perbukitan yang hijau yang membuat siapapun berdecak kagum akan keindahannya.

Semua itu ada di Teluk Kiluan, yang sudah populer di kalangan para travelers selama ini dan beberapa tahun terakhir. Dengan Minimnya sarana dan prasarana yang ada di Teluk Kiluan ini tidak menyurutkan minat turis untuk mendatangi pantai indah ini. Salah satu keistimewaan dari Teluk Kiluan ini adalah atraksi dari lumba-lumba di laut yang lepas. Pasti sudah banyak yang sudah melihathewan  lumba-lumba, baik di kebun binatang, lalu akuarium, atau bahkan bisa dari film-film dokumenter. Tetapi yakinlah pasti belum banyak yang melihat hewan lumba-lumba melesat dan menari-nari di laut yang lepas di habitat aslinya mereka. Melihat hewan lumba-lumba berenang riang di samping perahu  dan mereka sangat dekat di samping perahu. Ini merupakan pengalaman yang amat sangat menyenangkan dan tentunya tidak akan pernah terlupakan.

Loncatan Lumba-Lumba

Pengunjung bisa menikmati keindahan tarian dari lumba-lumba di Teluk Kiluan.Di Teluk Kiluan ada dua jenis lumba-lumba yaitu Spesies pertama adalah lumba-lumba yang memiliki hidung botol atau Tursiops Truncatus dengan memiliki badan yang lebih besar, lalu berwarna abu-abu, dan pemalu. kemudian Spesies kedua adalah lumba-lumba paruh panjang atau Stenella Longirostris dengan memiliki tubuh yang  lebih kecil dan sekali senang melompat. Kawanan lumba-lumba liar ini menyelam dengan bebas di bawah laut ditambah lagi dengan pantai yang  berpasir putih dengan dihiasi latar belakang langit yang biru jernih merupakan destinasi utama dari Teluk Kiluan. 

Kedua dari jenis lumba-lumba tersebut itu cukup akrab dengan adanya manusia. Hewan  Lumba-lumba itu senang mendekati perahu yang tengah melintas di laut lepas. Dari jauh, sirip hewan lumba-lumba itu miripseklai dengan  antena kapal selam. Setelah dekat,hewan  lumba-lumba itu pun berloncatan,dengan cara bergantian menyelam,lalu timbul tenggelam, hampir tidak ada jarak dengan perahu yang tengah melintas. Mereka seolah-olah berlomba menunjukkan diri mereka kepada manusia dan mudah sekali disentuh.

No comments: