Pulau Merauke di Ujung Timur Indonesia

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kota Merauke ialah kota kabupaten yang terletak paling jauh di ujung timur negara Indonesia. Keistimewaannya tidak hanya itu saja, Kota merauke ini juga merupakan titik terakhir dari wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu  Negara Papua Nugini. Hal ini juga membuat keberadaan kota merauke ini sungguh berarti dan istimewa sekali bagi sejarah perjuangan berdirinya negara Indonesia sampai menjadi bagian dari sebuah lagu perjuangan nasional yang mempunyai berjudul Dari Sabang sampai Merauke.

Tugu di Disrtik Sota Merauke
Sebagai wilayah atau daerah yang sarat akan adanya nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia, tentu di kota merauke ini terdapat banyak tempat-tempat bersejarah yang memperingatai berdirinya negara Indonesia. Salah satunya ialah tugu kembar yang telah terdapat di distrik Sota. Tugu tersbut hanya ada dua di negara Indonesia, yang satu terdapat di pulau Merauke dan satunya di pulau Sabang. Tugu inilah yang menjadi sebuah peringatan akan adanya batas paling timur dan paling barat dari Negara kesatuan republik Indonesia. Selain itu juga ada sebuah taman Sota, di tempat ini juga terdapat tugu peringatan batas wilayah atau daerah timur paling akhir dari Negara Indonesia beserta informasi koordinatnya. Taman ini juga tidak hanya menjadi sebagai penanda wilayah Indonesia, tetapi juga dijadikan tempat wisata bagi masyarakat merauke dan sekitarnya.

Tidak hanya wisata sejarahnya saja, pulau Merauke ini juga mempunyai tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk didatangi atau dikunjungi, seperti tempat wisata Pantai Lampu Satu yang begitu amat luas menghampar. Di pantai lampu satu ini, wisatawan dapat melihat salah satu bangunan mercusuar sebagai penunjuk arah bagi para pelaut atau nelayan yang sedang berlayar. Tempat ini juga merupakan  salah satu desa nelayan yang berisikan masyarakat komunitas bersuku Bugis dan Makasar. Umumnya mereka adalah sebagai pendatang yang suka mengadu nasib di perantauan pulau Merauke. Bila ingin membeli sebuah barang-barang atau kerajinan khas pulau Merauke, ada satu kerajinan khas pulau merauke yang menarik dan layak dibeli.

Tugu Lingkaran Libra di Merauke

Kerajinan khas ini adalah barang-barang yang berasal dari bahan dasar kulit buaya. Kulit buaya bisa menjadi salah satu industri kerajinan rumah unggulan bagi masyarakat pulau Merauke, hal ini disebabkan oleh karena populasi buaya yang amat begitu besar di pulau Merauke. Dalam sisi kuliner atau makanan pun, pulau Merauke terkenal memiliki makanan yang cukup khas dan unik untuk di cicipi. Daging rusa misalnya, akan banyak di temui di pulau Merauke dan diolah dalam berbagai macam-macam jenis makanan. contonya Semur lalu dendeng, maupun sate yang berbahan dasar daging rusa yang umum di temukan di seluruh kota pulau Merauke.

No comments: