Tari Balean Dadas, Tarian Tradisioanal Suku Dayak Kalimantan Tengah


Tari Balean Dadas, Tarian Tradisioanal Suku Dayak Kalimantan Tengah

Tari Balean Dadas merupakan tarian tradisional suku Dayak di Kalimantan Tengah. Dalam masyarakat tradisional banyak sekali cara yang dilakukan untuk memperoleh sebuah kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan melalui tradisi kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Kalimantan Tengah dalam mengupayakan keberkahan terhadap Tuhan, salah satunya adalah meminta kesembuhan kepada Tuhan dengan cara melakukan sebuah tarian yang bernama Balean Dadas.

Tarian Balean Dadas adalah tarian kebudayaan untuk meminta kesembuhan kepada tuhan bagi masyarakat yang sedang sakit. Para penari Balean Dadas ini biasanya dengan memakai pakaian adat dayak yang khas penuh warna seperti berwarna hitam, putih, merah, hijau, dan juga kuning untuk memohon kesembuhan kepada Ranying Hatala langit atau Tuhan bagi mereka yang sakit. Selain itu juga biasanya seorang dukun perempuan atau Balean Dadas ikut serta dalam tarian ini.

Saat ini, tarian Balean Dadas lebih banyak dilakukan disaat acara-acara penyambutan atau peresmian. Hal tersebut mengingat bahwa dengan kemodernan proses menyembuhkan dapat dilakukan dengan cara yang lebih ilmiah. Tetapi kegiatan tarian Balean Dadas ini masih dilakukan oleh masyarakat suku Dayak pedalaman.

Suka artikel berjudul Tari Balean Dadas, Tarian Tradisioanal Suku Dayak Kalimantan Tengah, Yuk bagikan ke: