Tari Lenggang Nyai, Tarian Tradisional Betawi Dari Jakarta


Tari Lenggang Nyai, Tarian Tradisional Betawi Dari Jakarta

Setiap seni tari tradisonal pasti memiliki pesan yang ingin disampaikan pada setiap gerakannya. Terdapat cerita yang mengispirasi seorang koreografer dalam hal menciptakan gerak tariannya, misalnya seperti cinta, gairah, perjuangan dan lain sebagainya. Salah satu tarian yang terinspirasi dari hal tersebut adalah Tari Lenggang Nyai, tarian yang berasal dari tanah Betawi atau Jakarta yang menceritakan kisah dari Nyai Dasimah.

Asal mula tari lenggang ini berasal dari kisah seorang gadis cantik asal bertawi bernama Nyai Dasimah yang sedang berada dalam kebingunannya untuk memilih dua pilihan pasangan hidup, yaitu seorang Belanda dan Seorang Indonesia. Ia pun kemudian menjadi istri seorang Belanda yang bernama Edward William. Merasa terkekang oleh aturan yang dibuat suaminya, Nyai Dasima pun menjadikan alasan tersebut untuk memberontak atas kesewenangan yang dilakukan terhadap dirinya. Perjuangan atas hak-hak perempuan inilah yang menginspirasi Wiwiek Widiastuti untuk mengenang dari perjuangan Nyai Dasima dalam bentuk gerak tarian Lenggang Nyai.

Karakter tari lenggang nyai ini lebih banyak menggunakan bentuk gerakan yang lincah sebagai personifikasi masyarakat betawi. Terkadang, seperti yang tidak dapat mengambil keputusan, gerakan tarian ini menunjukan bagaimana ia bergerak disatu sisi ke sisi lain. selain itu juga, tari Lenggang Nyai menceritakan keceriaan serta keluwesan gadis belia Betawi dan tentunya kebahagiaan Nyai Dasima yang dapat menentukan pilihan hidupnya.

Seperti tarian asal Betawi lainnya, tarian ini juga ditampilkan dengan menggunakan iringan musik Gambang Kromong yang memiliki unsur budaya Cina. Kostum yang dikenakan oleh para penari pada tarian ini biasanya mengenakan dominasi warna merah menyala serta hiasan kepala yang identik dengan tradisi Cina.

Meski tarian Lenggang Nyai ini termasuk tarian karya baru, namun Tarian Lenggang Nyai dapat dikatakan populer di masyarakan Betawi dan sekitarnya. Seperti halnya Ondel-ondel, tarian ini juga sering menjadi ikon bagi masyarakat Betawi. Terbukti dengan sering dibawakannya di dalam acara-acara khusus di mancanegara dan nama lain yang disematkan pada tarian ini, yakni Tari Lenggang Betawi.

Suka artikel berjudul Tari Lenggang Nyai, Tarian Tradisional Betawi Dari Jakarta, Yuk bagikan ke: