Pulau Moyo di Sumbawa



Tempat wisata pulau moyo ini adalah sebuah pulau yang terletak di NTB tepatnya di sebelah utara Sumbawa besar. Pulau moyo ini memiliki luas 350 km persegi dengan memiliki ketinggian maksimum 671 meter serta juga garis pantai 88 km. Tempat wisata pulau moyo ini tempatnya cukup tersembunyi dan juga sunyi namun sangat terkenal dan juga populer di kalangan wisatawan baik wisatawan dari lokal maupun wisatawan dari mancanegara.

Diantaranya yakni mendiang Lady Diana bersama dengan  Pangeran William. Selain itu juga ada Mick Jagger dan juga mantan kiper Manchester United, Edwin van der sar yang juga pernah merasakan menikmati liburan di tempat wisata pulau moyo ini. Wisatawan jangan khawatir karena akan ada  informasi transportasi menuju Tempat Wisata Pulau Moyo yang ada di Nusa Tenggara Barat. Ada beberapa alternatif yakni bila menggunakan jalur darat  yang bisa menggunakan mobil sewaan dengan memulai perjalanan dari kota Mataram. 

Air Terjun di Pulau Moyo

Rute yang dapat ditempuh adalah Mataram ke Pelabuhan Kayangan Lombok dengan waktu tempuh selama 2 jam. Selanjutnya wisatawan menyeberang ke tempat Pelabuhan Poto Nano di Sumbawa Barat dengan waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam. Sesampainya di daerah Poto Nano, perjalanan darat kembali dilakukan untuk menuju Sumbawa Besar dengan durasi tempuh selama 2 jam. Alternatif untuk transportasi kedua ialah dengan menggunakan jalur udara. Jika berminat juga  bisa menumpang maskapai penerbangan yang sudah melayani rute Mataram  ke Sumbawa Besar dengan menggunakan sebuah pesawat Fokker 50. 

Jadwal terbangnya ialah setiap Selasa dan juga Jumat dengan waktu tempuh sekitar selama 35 menit kemudian ke Sumbawa Besar yang menuju Pulau Moyo yang dilakukan dengan menyeberang dari Pelabuhan Muara Kali. Transportasi yang dapat  gunakan adalah kapal rakyat yang tiba dari pulau Moyo pukul 09.00 pagi dan juga berangkat lagi pada pukul 11.30 siang. Kapal motor ini memiliki tarif mulai Rp. 20 ribu sampai  Rp. 25 ribu per orang. Kapal ini yang akan membawa wisatawan untuk mengarungi perairan dan selama kurang lebih 2 jam. Oleh karena pada jadwal keberangkatannya satu kali setiap harinay, sehingga wisatawan harus menunggu keesokan harinya segera untuk kembali ke Sumbawa. Atau bila tidak mau menginap,wisatawan bisa menyewa perahu motor para nelayan setempat dengan biaya yakni  Rp. 400 ribu hingga dengan Rp. 600 ribu.
Suka artikel berjudul Pulau Moyo di Sumbawa, Yuk bagikan ke: