Tugu Monas di Jakarta

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Tugu Monumen Nasional atau yang lebih populer disingkat dengan nama Monas atau bisa juga Tugu Monas adalah monumen yang memperingati yang mempunyai tinggi 132 meter atau 433 kaki yang telah didirikan untuk bisa mengenang perlawanan dan perjuangan bagi para rakyat Indonesia untuk merebut sebuah kemerdekaan dari tangan pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada saat itu. Pembangunan monumen nasional ini sudah dimulai pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di bawah perintah presiden Soekarno, dan telah dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli tahun 1975. Tugu monas ini dimahkotai oleh lidah api yang sudah dilapisi dengan lembaran emas yang melambangkan sebuah semangat perjuangan yang sedang menyala-nyala.


Tugu Monumen Nasional atau monas ini terletak tepat di tengah-tenagah Lapangan Medan Merdeka, di Jakarta Pusat. Monumen nasional dan museum ini dibuka pada setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Pada hari Senin setiap bulannya ditutup untuk umum. Pada bagian puncak monas terdapat sebuah cawan yang di atasnya telah terdapat lidah api dari bahan perunggu yang mencapai tinggi 17 meter dan berdiameter 6 meter dengan memiliki berat 14,5 ton. Di Lidah api ini telah dilapisi emas yang memiliki berat 45 kg. Dan Lidah api Monas itu sendiri terdiri atas 77 bagian yang disatukan. Pelataran di puncak luasnya berukuran 11x11 m. Untuk mencapai pelataran yang ada di puncak, pengunjung dapat menggunakan fasilitas lift dengan lama perjalanannya sekitaran 3 menit. Di sekeliling lift juga terdapat tangga darurat untuk keadaan darurat.

Tugu Monumen Nasional Pada Malam Hari

Dari pelataran puncak Tugu Monas, para pengunjung juga bisa melihat gedung-gedung pencakar langit  pada kota Jakarta. Bahkan bila udara cerah, pengunjung juga dapat melihat Gunung Salak berada di Jawa Barat maupun Laut Jawa yang luas dengan Kepulauan Seribu. Pada Pelataran bawah mempunyai luas 45x45 m. Ukuran Tinggi dari dasar tugas Monas ke pelataran bawah yaitu mencapai 17 meter. Pada bagian ini pengunjung juga dapat melihat-lihat Taman Monas yang sudah merupakan hutan kota yang amat indah. Di bagian bawah tugu Monas juga terdapat sebuah ruangan atau diorama yang luas yaitu berupa Museum Nasional.  Yang memiliki Tinggi yaitu mencapai 8 meter. Museum Nasional ini juga menampilkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yang berkobar pada saat itu. Luas dari museum nasional ini adalah sekitar 80x80 m. Pada keempat sisinya museum nasional ini terdapat 12 diorama atau jendela peragaan yang menampilkan sejarah dari bangsa Indonesia dari jaman kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia tiu sendiri hingga tragedi G30S PKI.

No comments: