Upacara Adat Maccera Tasi di Kalimantan Selatan



Upacara Adat Maccera Tasi adalah upacara tradisional masyarakat yang bermata pencarian sebagai nelayan yang terdapat di Kalimantan Selatan. Upacara ini telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan tetap dilakukan sampai saat ini secara turun temurun dalam kurun waktu setahun sekali.

Di dalam upacara ini, akan dilakukan penyembelihan hewan seperti ayam, kambing, atau kerbau di kawasan pantai. Darah dari hewan yang telah disembelih tadi akan dialirkan atau dilarungkan menuju ke laut. Tujuannya adalah untuk memberikan darah kehidupan yang terdapat di laut, sehingga mereka para nelayan akan mendapatkan rezeki yang sangat berlimpah dari laut. Meskipun tradisi seperi ini hampir sama dengan tradisi yang ada di daerah lainnya, namun tradisi upacara ini memiliki hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat.

Sebelum melakukan upacara Adat Maccera Tasi, maka akan dilakukan upacara lainnya yaitu Tampung Tawar. Upacara tersebut dilakukan untuk memohon berkahan dari Tuhan Yang Maha Esa. Pada hari selanjutnya akan dilakukan pelepasan perahu Barang. Perahu ini akan membawa beberapa persembahan. Sesembahan ini kemudian akan dilepas ke laut secara beramai-ramai, baik itu oleh suku Mandar, suku Bugis, ataupun suku Banjar.

Seluruh prosesi dalam upacara ini melambangkan adanya keeratan serta kekeluargaan diantara masyarakat. Selain tradisi upacara adat ini, umumnya akan diadakan juga hiburan kesenian didaerah seperti atraksi pencak silat, hadrah, atau musik tradisional. Ada juga sebuah atraksi-atraksi lainnya, seperti sebuah atraksi meniti tali yang dilakukan suku Bajau.

Suka artikel berjudul Upacara Adat Maccera Tasi di Kalimantan Selatan, Yuk bagikan ke: