Wangsit Mandala Siliwangi, Museum Senjata di Kota Kembang

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Museum Wangsit Mandala Siliwangi ini merupakan sebuah museum senjata yang terdapat di kota kembang Bandung, Jawa Barat. Nama Siliwangi sendiri diambil dari nama seorang pendiri kerajaan dibumi sunda, yaitu kerajaan Padjadjaran. Konon beliau ini adalah seorang raja yang bijaksana dan berwibawa dalam menjalankan roda pemerintahannya. Sedangkan pada arti Wangsit Mandala sendiri adalah sebuah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah, atau pun nasihat dari para pejuang masa lalu kepada para generasi penerus melalui benda-benda yang mereka tinggalkan.

Lokasi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi ini terletak di Jalan Lembong no 38. Nama jalan ini sendiri diambil dari nama Letkol Lembong, yaitu salah satu prajurit Siliwangi yang telah menjadi korban di dalam peristiwa kudeta angkatan perang ratu adil. Sebelumnya jalan Lembong ini bernama Oude Hospitaalweg

Sejarah

Bangunan yang bergaya arsitektur Late Romanticism ini dibangun pada tahun 1910 sampai dengan 1915, yaitu dimasa kolonial Belanda yang digunakan sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Namun tempat ini diambil alih oleh pasukan Siliwangi dan digunakan untuk markas Divisi Siliwangi (Militaire Akademi Bandung) pada tahun 1949 sampai 1950 setelah kemerdekaan. 

Bangunan Museum Wangsit Mandala Siliwangi ini berdiri di atas tanah seluas 4.176 m2 dengan luas bangunan mencapai 1.674 m2. Pada Tanggal 23 Mei 1966 bangunan Museum Wangsit Mandala Siliwangi ini kemudian dijadikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang diresmikan oleh seorang panglima Divisi Siliwangi ke 8, yaitu Kolonel Ibrahim Adjie.

Pada Tahun 1979 gedung Museum Wangsit Mandala Siliwangi ini dibangun atau direhabilitasi kembali dan menjadi gedung bertingkat dua, kemudian diresmikan pada tanggal 10 November 1980 oleh seorang Pangdam Siliwangi ke 15, yaitu Mayjen Yoga Sugama dan Prasastinya yang kemudian ditandatangani oleh Presiden RI ke-2 (Soeharto)

Koleksi Museum

Koleksi Museum Wangsit Mandala

Museum ini mengkoleksi benda-benda yang digunakan oleh para pasukan Kodam Siliwangi, yaitu dari senjata primitif seperti tombak, keris kujang, panah, dan bom molotov, serta berbagai macam senjata modern seperti Panser Rel, Meriam, dan Kendaraan Lapis Baja.

No comments: