Wedang Angsle Khas Jawa Timur



Angsle atau bisa disebut wedang angsle adalah minuman khas dari Jawa yang menyerupai kolak. Penjual angsle tradisional yang terdahulu berkeliling kampung hanya pada malam hari saja, karena angsle yang hangat cocok disajikan saat malam hari atau pun saat hujan. Namun, sekarang banyak para penjual angsle yang berjualan tidak hanya di malam hari saja.

Makanan ini diperkirakan berasal dari Kota di jawa timur yakni  Malang, tetapi di daerah-daerah lain di Jawa juga menjualnya, seperti di Kota Surabaya dan juga Lumajang. Bahan-bahan untuk campuran angsle antara lain petulo,lalu ketan putih, kemudian hijau, potongan roti, lalu mutiara, daun pandan, jahe, dan kacang tanah goreng, santan,selanjutnya gula,juga irisan buah kolang-kaling, dan juga emping belinjo.

Kuah angsle pada awalnya dibuat hanya menggunakan daun pandan saja, vanili, dan juga santan. Jahe tidak dimasukkan dikarenakan dianggap akan mengubah rasa. tetapi, karena diberi label dengan nama“wedang”, sebagian penjualnya akhirnya menambahkan jahe. Wedang angsle ini merupakan salah satu sajian minuman cukup hangat khas nusantara yang banyak penikmatnya karena selain itu dapat menghangatkan perut dan juga dapat memberi stamina yang cukup kuat. Wedang angsle ini juga bisa di temui di berbagai tempat salah satunya ialah di kedai minuman hangat dan di resto yang  sudah ada menu hidangan tradisionalnya.

Suka artikel berjudul Wedang Angsle Khas Jawa Timur, Yuk bagikan ke: