Wedang Uwuh, Minuman Tadisional Dari Solo dan Jogja

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Wedang uwuh yang secara harfiah memiliki arti minuman sampah. Wedang ini merupakan minuman khas Jawa yang sangat terkenal. Terbuat dari berbagai macam racikan rempah, wedang ini mempunyai cita rasa yang sangat khas sekaligus menyehatkan.

Masyarakat Jawa mempunyai beragam minuman yang selain enak juga dapat berfungsi menghangatkan tubuh. Diantaranya adalah wedang jahe, wedang secang, wedang ronde, dan lain sebagainya. Minuman-minuman ini sangat berguna untuk meredakan batuk, rasa capek, pegal-pegal, perut kembung, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Wedang uwuh ini melengkapi daftar minuman tadi. Awalnya, minuman ini sangat populer terutama di wilayah Jawa Tengah dan di Daerah Istimewa Yogyakarta, akan tetapi saat ini telah merambah sampai ke ibu kota. Wedang uwuh ini menjadi salah satu oleh-oleh utama bagi masyarakat yang sedang berkunjung ke sekitaran Yogya dan Solo.

Wedang ini dinamakan uwuh dikarenakan campuran bahan-bahan minuman ini seperti sampah. Wedang uwuh ini terdiri atas berbagai jenis rempah dan disajikan dengan menggunakan gula batu atau menggunakan gula merah.

Dilirik dari bahan dasarnya, tak heran jika wedang uwuh memiliki ini banyak manfaat dalam hal kesehatan. Berikut ini rincian khasiat bahan-bahan wedang uwuh :
  • Jahe, Jahe ini akan memberikan rasa pedas dan hangat pada wedang uwuh. Jahe ini juga memiliki khasiat seperti penurun kadar kolesterol dan meminimalisasi penyerapan kolesterol terhadap darah dan hati.  Sebagai jamu tradisional, jahe ini dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit, seperti penyakit rematik, asma, stroke, diabetes, sakit otot, sakit gigi, tenggorokan, kram, hipertensi, mual, demam, dan juga infeksi.
  • Kayu Secang, kacang secang ini akan memberikan warna merah pada wedang uwuh. Tanaman rempah Indonesia yang satu ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kayu secang dapat digunakan sebagai penghenti pendarahan, penawar racun, pembersih darah, dan sebagai obat antiseptik.
  • Cengkih, rempah-rempah cengkih ini sejak lama dipercaya terbukti memiliki khasiat dalam meredakan sakit gigi, sinusitis, kembung, sakit kepala, radang, masuk angin, dan lain-lain.
  • Kayu Manis dan Daun Kayu Manis, dengan rempah-rempah inilah yang akan memberikan Wedang Uwuh memiliki aroma yang segar dan khas. Selain itu juga, kayu manis memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan, seperti untuk mengatur gula darah, mencegah kanker, mengurangi kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan lain-lain.
  • Pala dan Daun pala, pala dan daun pala ini ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, diantaranya untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernakan, melancarkan peredaran darah, meredakan asam lambung, dan lain-lain.
  • Akar Sereh dan Daun Sereh, Akar sereh ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengencer dahak atau obat batuk, peluruh air seni, peluruh keringat, bahan untuk kumur, dan juga penghangat badan. Daunnya digunakan sebagai penambah nafsu makan, peluruh angin perut, pengobatan pasca-persalinan, penurun panas, dan juga pereda kejang.
  • Kapulaga, kapulaga ini memiliki khasiat sebagai obat batuk, amandel, tenggorokan gatal, radang lambung, haid tidak teratur, mulas, bau tubuh, sesak napas, bau mulut, dan influenza. Di kalangan pecinta obat herbal, kapulaga sangat dikenal sebagai ekspetoran atau pengencer dahak alami, dan juga menjadi obat bagi gangguan tenggorokan.

Berbagai kandungan dalam bahan-bahan di atas membuat wedang uwuh ini bukan hanya enak untuk dinikmati, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman tradisional berwarna merah ini memiliki rasa yang pedas jahe dan paling enak dinikmati pada saat masih panas.