Wisata Bendungan Batu Tegi



Lampung ini ternyata telah memiliki salah satu bendungan yang disebut-sebut bendungan terbesar se Asia Tenggara. Bendungan ini memiliki luas 3.560 hektare yang bernama Batutegi ini yang terletak di daerah Pekon Batutegi, yang berada di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Sejak diresmikannya oleh Presiden RI ke 5, yang bernama Megawati Soekarnoputri pada 8 Maret tahun 2004 lalu, selain itu  dimanfaatkan untuk irigasi dan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air atau di singkat (PLTA), Batutegi juga akan dimanfaatkan sebagai tempat wisata unggulan di daerah Lampung.
Tidak salah tentunya memang bila di Batutegi dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata favorit. Sebab itu pemandangan yang dihadirkan oleh di bendungan batu tegi yang dibangun yang sejak tahun 1995 ini telah memiliki pemandangan yang sangat amat indah. Lingkungan di bendungan batu tegi yang sangat masih berupa daerah perbukitan dan hutan dengan di tumbuhi pepohonan yang hijau berukuran besar, begitu amat menyejukkan mata yang memandang. Apalagi air pada bendungan batu tegi yang terlihat dari ketinggian, yang menghadirkan pemandangan bak laksana sebuah danau yang luas. Untuk datang ke bendungan batu tegi sini dari Bandar Lampung yang menghabiskan waktu dua jam perjalanan. 

Jalan Menuju Bendungan Batu Tegi

Hingga saat ini sebelum Pasar di Talang Padang , ada sebuah plang di sebelah kanan jalan sebagai petunjuk ke wisata Bendungan Batutegi. Ikuti saja jalanannya hingga petunjuk selanjutnya sampai di Air Naningan kemudian belok ke kanan. Kemudian setelah itu perjalanan dilanjutkan hingga menemukan sebuah gapura Bendungan Batutegi di bearada di sebelah kanan jalan. Sementara bagi pengunjung yang mengendarai kendaraan umum, bisa menaiki bus dari Terminal Rajabasa menuju ke Kota Agung dengan adanya turun di Pasar Talang Padang. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkutan desa menuju wisata Air Naningan. Setelah itu sampai di sini, naik ojek menuju wisata Bendungan Batutegi. Namun pada waktu beroperasinya kendaraan yaitu angkutan desa dan keberadaan ojek tidak bisa dipastikan keberadaannya.

Suka artikel berjudul Wisata Bendungan Batu Tegi, Yuk bagikan ke: