Angklung Caruk, Alat Musik Tradisional Dari Banyuwangi Jawa Timur


Angklung Caruk, Alat Musik Tradisional Dari Banyuwangi Jawa Timur

Alat musik tradisional angklung memang lebih terkenal berasal dari Provinsi Jawa Barat. Namun ada pula Angklung yang berasal dari salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yaitu Angklung Caruk yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi.

Alat musik yang terbuat dari tabung bambu ini dimainkan dengan cara yang unik. Caruk atau carok sendiri memiliki arti perlombaan atau pertarungan. Maka dari itu pertunjukan dari kesenian Angklung Caruk ini pasti akan diikuti oleh 2 (dua) kelompok. Kelompok yang tampil akan menampilkan kemampuan terbaik mereka didalam bermain Angklung Caruk supaya mendapatkan gelar juara.

Uniknya lagi para penonton didalam pertunjukan ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok. Dua diantaranya adalah kelompok berseberangan yang pastinya akan mendukung salah satu kelompok. Sisanya adalah kelompok yang netral.

Dalam pertunjukannya, Angklung Caruk tidak hanya menampilkan seni musiknya saja. Namun biasanya akan ditampilkan beberapa tarian seperti Tari Jangeran dan Kuntulan. Alat musik yang digunakan pun tidak hanya angklung. Gendang, saron, peking, kethuk dan gong juga ikut menghiasi dalam pertunjukan Angklung Caruk ini.

Suka artikel berjudul Angklung Caruk, Alat Musik Tradisional Dari Banyuwangi Jawa Timur, Yuk bagikan ke: