Danau Kembar di Solok Sumatra Barat



Di Provinsi Sumatera Barat terdapat tempat wisata alam yang amat wajib untuk para penelusur untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut adalah Danau Diateh (diatas) dan Danau Dibawah yang sering disebut Danau Kembar. Tempat wisata alam  ini terletak pada daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, jaraknya sekitaran 65 kilometeran dari Kota Padang.

Kenapa danau ini disebut sebagai Danau Kembar? dikarenakan yakni kedua danau tersebut mempunyai  luas yang hampir sama (tetapi lebih luas Danau Diatas) dan juga letaknya pun sangat berdekatan. Meskipun bernama danau di atas dan juga danau di bawah, namun pada kenyataannya letak kedua danau ini justru kebalikan dari namanya. Dan karena sebenarnya danau yang lebih tinggi justru malah diberi nama Danau Dibawah, dan begitu juga sebaliknya. Jarak kedua danau ini hanyalah 300 meter saja, sangat dekat sekali. 

Bila kedua danau ini tersebut dilihat dari atas, maka akan terlihat jelas dua buah danau yang mirip dengan warna air biru, dan seakan-akan berpasangan, jadi tak heran bila kedua danau tersebut dijuluki dengan nama Danau Kembar. Kedalaman dari 2 danau inipun berbeda, danau yang di atas memiliki kedalaman lebih dari 500 meteran sedangkan pada danau di bawah kedalamannya hanyalah 44 meter. Danau Kembar ini berada di dataran tinggi Bukit Barisan dan sehingga udara di kawasan ini pun begitu sejuk dengan adanya hamparan pepohonan yang tumbuh di sekeliling danau ini.

Danau Kembar

Bila  dilihat dari kejauhan, maka pemandangan Danau Kembar ini pun sungguh mengagumkan, dan juga terlihat hijau dan asri. Ini dikarenakan yakni di sekitaran Danau Kembar dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk perkebunan. Penduduk yang sekitar danau ini banyak yang bercocok tanam yakni dengan menanam sayuran seperti wortel,lalu kol, kayu manis, dan juga lainnya. Di sekitaran Danau Kembar ini para wisatawan juga dapat menemukan perkebunan teh dan juga perkebunan markisa.

Suka artikel berjudul Danau Kembar di Solok Sumatra Barat, Yuk bagikan ke: