Fuu, Alat Musik Tradisional Dari Papua


Fuu, Alat Musik Tradisional Dari Papua

Papua memang dikenal memiliki aneka ragam alat musik tradisional yang memiliki fungsinya masing-masing. Alat musik seperti krombi, tifa, menjadi beberapa nama alat musik tradisional yang berasal dari negeri berjuluk bumi cendrawasih tersebut. Selain kedua nama tadi, terdapat satu alat musik tradisional khas Papua yang memiliki fungsi dalam memanggil para penduduk, yaitu fuu.

Fuu merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup pada bagian yang berlubang atau bagian yang terbuka. Selain digunakan dalam memanggil para penduduk, alat musik ini juga sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian khas dari Papua, khususnya masyarakat Suku Asmat, di Kabupaten Merauke.

Bersama alat musik tradisional khas Papua lainnya seperti tifa dan kelambut, biasanya fuu ini dimainkan dan menjadi paduan harmonisasi yang dapat memberikan warna tersendiri pada ciri khas musik Papua.

Alat musik Fuu ini menjadi salah satu alat musik tradisional yang harus terus dilestarikan keberadaannya. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Papua dan juga menjadi kearifan lokal dari identitas sebuah daerah.

Suka artikel berjudul Fuu, Alat Musik Tradisional Dari Papua, Yuk bagikan ke: