Gambang Kromong, Kesenian Musik Tradisional Dari Betawi



Gambang Kromong adalah sebuah kesenian musik tradisional yang berasal dari Betawi. Kesenian Gambang Kromong ini memadukan alat musik Gamelan dan juga alat musik dari Tionghoa. Kesenian musik tradisional ini merupakan hasil dari akulturasi budaya antara budaya Tionghoa dengan budaya pribumi. Nama dari Gambang Kromong sendiri diambil dari nama kedua alat musik yang dimainkan yakni gambang dan kromong.

Gambang ini merupakan alat musik yang terbuat dari kayu khusus yang bunyinya halus jika dipukul atau dimainkan. Bilahan gambang sendiri biasanya berjumlah 18 (delapan belas) buah dengan ukuran yang berbeda supaya mengeluarkan nada yang berbeda juga. Sedangkan Kromong sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari perunggu. Bentuknya dari Kromong ini seperti alat musik Gamelan pada umumnya, jumlah alat musik kromong biasanya berjumlah 10 buah (sepuluh pencon). Kromong juga merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dan setiap pencon juga mempunyai nada yang berbeda-beda.

Dalam pertunjukannya, biasanya tangga nada yang digunakan merupakan tangga nada pentatonik Cina atau yang biasa dikenal dengan selendro cina atau salendro mandalungan. Selain menggunakan gambang dan kromong, alat musik Gamelan yang digunakan lainnya diantaranya adalah gong, gendang, suling dan juga kecrek. Selain itu juga kesenian ini menggunakan alat musik dari Cina untuk pengisi melodi seperti sukong, tehyan dan juga kongahyan. Pada saat pertunjukannya, biasanya lagu yang dinyanyikan akan dibawakan oleh penyanyi pria dan penyanyi wanita. Lagu yang dinyanyikan biasanya merupakan lagu klasik dari Betawi seperti Mas Nona, Gula Ganting, Tanjung Burung, Mawar Tumpah, Semar Gunem, dan lain-lain. Selain itu juga lagu pop dari Betawi seperti Jali-jali, Persi, Akang Haji, Kramat Karem, Lenggang Kangkung, Stambul, Surilang, Sirih Kuning dan lain-lain.


Pertunjukan Gambang Kromong

Dalam perkembangannya, kesenian Gambang Kromong ini telah menjadi musik tradisional dari Betawi yang sangat populer. Banyak grup orkes dari Gambang Kromong yang terlahir dan juga berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pada masa modern saat ini alat musik Gambang Kromong juga dikombinasikan dengan beberapa alat musik modern seperti alat musik gitar, bass, organ, drum, seksofon dan juga alat modern lainya. Walaupun ditambahkan beberapa alat musik modern, namun kesenian ini tidak menghilangkan ciri khas dari Gambang Kromong itu sendiri.

Dalam perkembangannya, Gambang Kromong ini tidak hanya ditampilkan secara orkes saja. Kesenian musik tradisional ini juga digunakan dalam mengiringi berbagai kesenian khas Betawi lainya seperti halnya tarian tradisional Betawi.

Suka artikel berjudul Gambang Kromong, Kesenian Musik Tradisional Dari Betawi, Yuk bagikan ke: