Gamelan Bali, Alat Musik Tradisional Khas Bali


Gamelan Bali, Alat Musik Tradisional Khas Bali

Gamelan Bali adalah jenis alat musik gamelan tradisional yang berasal dari Bali. Gamelan Bali ini mempunyai beberapa perbedaan dengan alat musik gamelan lainnya, baik itu dalam segi bentuk maupun cara memainkannya. Alat musik Gamelan Bali ini biasanya ditampilkan sebagai pengiring pada suatu pertunjukan kesenian di Bali, baik itu yang bersifatnya sakral maupun hiburan.

Asal Mula Gamelan Bali

Menurut sumber sejarah, Gamelan Bali ini telah ada sejak zaman dahulu kala. Hal tersebut dapat dilihat dari Prasasti Bebetin yang ada di Provinsi Bali, yang menyebutkan bahwa gamelan telah ada sejak tahun 896 masehi, yaitu dimasa pemerintahan Raja Ugrasena di Bali. Namun pada prasasti tersebut dikatakan pada masa itu Gamelan Bali ini sedikit lebih sederhana dari pada yang sekarang.

Dimulai dari abad ke VIII pada saat terjadinya hubungan-hubungan antara kerajaan di Jawa dan Bali, membawa beberapa kesenian seperti alat musik gamelan jawa masuk ke Bali meskipun masih berupa instrumen yang terpisah. Hal tersebut yang membuat Gamelan Bali ini sekilas hampir sama dengan Gamelan Jawa. Namun walaupun begitu alat musik Gamelan Bali ini tetap mempunyai beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan alat musik Gamelan Jawa, salah satunya adalah cara memainkan instrumentnya. Bila dibandingkan dengan permainan alat musik Gamelan Jawa, Gamelan Bali ini dimainkan dengan tempo yang lebih cepat.

Jenis Gamelan Bali

Gamelan Bali, Alat Musik Tradisional Khas Bali
Alat Musik Gamelan Bali

Alat musik Gamelan Bali ini dikelompokan menjadi 3 (tiga) kelompok, diantaranya gamelan tua, gamelan madya dan juga gamelan baru. Dalam kelompok gamelan tua ada instrument seperti gambang, saron, gong besi, gong luwang, selonding besi, selonding kayu, angklung kelentang dan juga gender wayang. Kemudian pada gamelan madya terdapat instrument seperti semarpagulingan, pelegongan, bebarongan, pengambuhan, joged pingitan, babonangan, gong gangsa jongkok, dan ringdik gandrung. Sedangkan pada gamelan baru terdapat instrument seperti gong kebyar, pejangeran, angklung bilah 7, pengarjaan, joged bung-bung, dan juga gong suling.

Fungsi Gamelan Bali

Alat musik Gamelan Bali ini sangat sulit sekali dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Karena jika dilihat dari fungsinya, Gamelan Bali ini sering digunakan dalam mengiringi upacara keagamaan dan juga hiburan. Dalam hal keagamaan, Gamelan Bali ini sering ditampilkan dalam mengiringi berjalannya upacara keagamaan atau dalam mengiringi tarian tradisional yang sifatnya sakral. Sedangkan dalam hal hiburan, Gamelan Bali ini sering ditampilkan sebagai pertunjukan musik ataupun pengiring berbagai kesenian yang sifatnya hiburan yang ada di Provinsi Bali.

Perkembangan Gamelan Bali

Gamelan Bali ini merupakan salah satu alat kesenian yang tidak dapat dilepaskan dari masyarakat Bali. karena jika dilihat dari fungsinya, selain digunakan sebagai pengiring pertunjukan yang bersifat hiburan, Gamelan Bali ini juga menjadi bagian dari upacara keagamaan disana. Sehingga kesenian gamelan ini masih terus menerus dilestarikan dan juga diajarkan secara turun temurun oleh masyarakat yang ada disana.

Suka artikel berjudul Gamelan Bali, Alat Musik Tradisional Khas Bali, Yuk bagikan ke: