Inilah 6 Objek Wisata Untuk Mengenang Tsunami Aceh


Inilah 6 Objek Wisata Untuk Mengenang Tsunami Aceh

Kamu pastinya tahu tentang peristiwa tsunami Aceh. Karena di tanggal 26 Desember 2004 itu, banyak sekali penduduk yang meninggal. Selain itu juga, banyak bangunan-bangunan yang rusak. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui dampak dari bencana tersebut, mungkin kamu dapat mengunjungi 6 Objek Wisata untuk Mengenang bencana Tsunami ini.

Kira-kira... apa sajakah 6 objek wisata untuk mengenang tsunami Aceh itu?

1. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil. Ada yang kenal? Ya, beliau ini adalah Walikota Bandung. Museum yang diresmikan pada tahun 2008 ini berada ditengah-tengah Banda Aceh, yaitu tepatnya di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Museum ini berisi foto-foto keadaan Banda Aceh pada saat setelah terkena tsunami. Selain itu juga, di museum ini terdapat tempat yang berisikan nama korban dari bencana tsunami aceh, dan masih banyak lagi.

2. Monumen Aceh Thanks to the World

Monumen Aceh Thanks to the World
Monumen Aceh Thanks to the World

Pada saat terjadi Tsunami Aceh, banyak sekali bantuan-bantuan yang datang. Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri. Bantuan tersebut datang dari pribadi, LSM, Militer, sampai perusahaan swasta. Nah, sebagai tanda terima kasih, maka dibangunlah Monumen Aceh Thanks to the World. Monumen ini berada di Lapangan Blang Padang.

3. PLTD Apung

PLTD Apung
PLTD Apung

Tsunami Aceh menyeret sebuah Kapal PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel). Kapal ini terseret sejauh 5 km dari Pantai Ulee Lheue. Sampai akhirnya terdampar di Gampong Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh. Padahal, kapal ini memiliki panjang 63 meter dan berat hingga 2.600 ton. Hmm... bisa dibayangkan bukan betapa dahsyatnya gelombang tsunami tersebut?

4. Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo
Kapal Apung Lampulo

Selain Kapal PLTD, bencana tsunami Aceh juga menyeret Kapal Apung Lampulo. Ini merupakan sebuah kapal nelayan yang terbawa gelombang tsunami, sampai akhirnya terdampar di atas salah satu rumah warga. Kapal ini mendarat di lantai dua Rumah Ibu Abasiah.

Tempat ini terletak di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Ini merupakan salah satu tempat dengan dampak terparah pada saat tsunami.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun  pada tahun 1612. Masjid ini menjadi salah satu dari bangunan yang selamat oleh terjangan tsunami Aceh. Bahkan, pada saat terjadi tsunami, masjid ini menjadi tempat berlindung para warga. Masjid ini berada di Jalan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

6. Masjid Rahmatullah Lampuuk

Masjid Rahmatullah Lampuuk
Masjid Rahmatullah Lampuuk

Mesjid ini berada sekitar 500 meter dari bibir pantai. Namun, masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang selamat pada saat tsunami Aceh. Wah, padahal tsunami Aceh aja mampu menyeret kapal PLTD, namun tidak mampu menyeret masjid ini.

Bagaimana menurut kalian? tertarikah untuk mengunjungi tempat tersebut?

Suka artikel berjudul Inilah 6 Objek Wisata Untuk Mengenang Tsunami Aceh, Yuk bagikan ke: