Inilah Desa Terunik Di Bali



Bali memang sangat terkenal akan keindahan alam dan juga budayanya. Namun ternyata ada yang unik di Pulau Dewata ini, seperti halnya di Desa Tenganan, Desa Trunyan, dan Desa Penglipuran. Seperti apa desa-desa itu?

Desa Tenganan

Desa Tenganan

Desa Tenganan ini terletak di kecamatan Manggis, kabupaten Karangasem, sebelah timur pulau Bali. Desa Tenganan adalah salah satu desa tertua di Bali. Desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan juga budaya. Udara di desa ini sangat sejuk, pasti akan membuat kamu senang berlama-lama di tempat ini. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga, yaitu desa asli suku Bali.

Desa ini terkenal akan kesederhanaannya. Banyak turis yang senang mengunjungi Desa Tenganan ini. Saat memasuki desa ini, kamu akan melewati loket seperti halnya ditempat-tempat untuk membeli tiket. Eits, tapi tiket ini tidak untuk dijual, ya. Hanya saja memberi sukarela.

Desa Trunyan

Desa Terunyan

Nah ini dia desa yang tidak boleh untuk dilewatkan kalau sedang mengunjungi Bali. Desa Trunyan ini terletak di pinggir danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Sama halnya seperti desa sebelumnya, desa Trunyan ini juga memiliki udara yang sejuk. 

Kuburan Terunyan

Ssst, namun masyarakat di desa ini punya tradisi pemakaman yang enggak biasa, lo. Biasanya kalau ada orang telah meninggal, biasanya jenazahnya akan dibakar atau yang biasa disebut dengan ngaben. Namun, di desa Trunyan ini tidak begitu. Kalau ada orang yang meninggal, maka jenazahnya hanya diletakkan di atas tanah, di dalam gua, bahkan diletakkan diatas pohon. Mereka menyebutnya dengan istilah mepasah.

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran

Desa yang ketiga adalah desa Penglipuran. Desa ini di terletak di kabupaten Bangli, kurang lebih sekitar 45 KM dari kota Denpasar. Desa ini mempunyai struktur bangunan yang teratur dan juga rapi. 

Penataan dan struktur dari desa Penglipuran tidak lepas dengan budaya yang dipegang teguh oleh masyarakat adat dan juga budaya masyarakatnya yang telah berlaku turun temurun. Desa Penglipuran ini banyak melakukan acara-acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan, Galungan dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul Inilah Desa Terunik Di Bali, Yuk bagikan ke: