Kalawai, Senjata Tradisional Dari Maluku


Kalawai, Senjata Tradisional Dari Maluku

Kalawai adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari Maluku. Kata kalawai berasal dari bahasa daerah Maluku, khususnya di daerah Maluku Tengah (Pulau Seram, Saparua, Haruku, Nusalaut, Buru, Ambon, dll). Kata kalawai berasal dari 2 (dua) suku kata, yaitu kala dan wai. Kala memiliki arti tikam, sedangkan wai memiliki arti air. Jadi kalawai adalah alat atau senjata tajam yang biasanya dipergunakan oleh para nelayan di dalam air untuk menangkap ikan, teripang, gurita, dan lain sebagainya.

Dari segi fisik, kalawai ini hampir mirip seperti tombak, namun bentuk dari kalawai sendiri biasanya pegangannya terbuat dari bambu. Pada ujung bambu tersebut kemudian diberi besi tajam. Besi tersebut harus lebih dari satu, dan diikat melingkari bambu tersebut. biasanya besi kalawai ini terdiri dari besi-besi kecil dengan ukuran 6 ml dan diasah sampai tajam.

Meski hampir mirip secara fisik dengan senjata tombak, namun Kalawai ini memiliki fungsi yang berbeda dengan tombak. Para nelayan memakai kalawai di laut untuk mencari ikan. Para Nalayan tersebut biasanya menggunakan kalawai ini di dalam air. Kalawai dapat juga digunakan di sungai-sungai atau di danau untuk menangkap hasil laut berupa ikan dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul Kalawai, Senjata Tradisional Dari Maluku, Yuk bagikan ke: