Kecapi Kalimantan, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Tengah


Kecapi Kalimantan, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Tengah

Alat musik kecapi yang satu ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Alat musik ini memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk seperti burung enggang, yaitu hewan sakral bagi masyarakat suku Dayak. Alat musik petik berdawai 2 (dua) jenis lut ini biasa dimainkan pada saat menyambut tamu kehormatan.

Kecapi Kalimantan Tengah ini terbuat dari kayu ringan yang berasal dari pohon hanjalulung. Sedangkan pada dawai atau senar kecapi ini menggunakan bahan dari kawat atau dari benang nilon. Dahulu, dawai-dawai pada kecapi ini dibuat menggunakan rotan atau kulit kayu, hal tersebut dilakukan karena bahan tersebut lebih tahan lama, kuat, dan memiliki suara yang sangat khas.

Selain dimainkan untuk menyambut para tamu kehormatan, alat musik kecapi ini juga biasa dimainkan untuk mengiringi tari-tarianan seperti tari perang, dan nyanyian-nyanyian tradisional khas dari Kalimantan Tengah. Kecapi juga dapat dimainkan masyarakat disana pada saat sedang santai. Sambil mengisi waktu senggang, orang-orang di Kalimantan biasanya memainkan alat musik yang sekilas hampir mirip gitar ini.

Belakangan, kecapi ini juga dikolaborasikan dengan alat musik tradisional lainnya, seperti rabab, suling, kangkanang, katambung dan juga gandang. Perpaduan beberapa alat musik tersebut menjadi musik khas Kalimantan yang harmonis serta biasanya dipertunjukan di dalam acara-acara Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah.

Suka artikel berjudul Kecapi Kalimantan, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Tengah, Yuk bagikan ke: