Keindahan Gua Istana Maharani di Lamongan Jawa Timur



Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budaya. Keberadaan gua-gua alam merupakan salah satu dari kekayaan yang harus dijaga dan juga dilestarikan. Ternyata, ada banyak sekali cerita dibalik keberadaan gua-gua di Indonesia. Ada cerita indah, namun ada juga cerita misterius, salah satunya  Gua Istana Maharani di Lamongan Jawa Timur ini. Nah, ada cerita apa di balik Gua Istana Maharani ini?

Gua Istana Maharani ini terletak di Tanjung Kodok, Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Pada tanggal 6 Agustus 1992, beberapa para penambang batu sedang bekerja menggali tanah. Tahu-tahu, tanah yang sedang mereka gali ambruk. Terbukalah sebuah lubang yang menyerupai gua pada bawah tanah. Penggalian ini dilanjutkan, maka keindahan Gua Istana Maharani pun terkuak.

Keindahan Gua Istana Maharani

Gua Istana Maharani ini disebut-sebut sebagai gua terbaik se-Indonesia. Keindahannya dapat disamakan dengan Gua Coranche di Prancis, Gua Altamira di Spanyol, Gua Carisbad di Amerika Serikat, dan Gua Mammoth. Stalagtit dan stalagmitnya unik, ada yang seperti bentuk bunga mekar, binatang, dan bahkan ada yang berbentuk singgasana.

Dinamakan Gua Istana Maharani, karena keindahan dari gua ini seperti keindahan istana. Sementara, Maharani artinya sangat indah dan cantik. Kecantikan Gua Istana Maharani ini memunculkan cerita misterius yang menyebar di kalangan masyarakat. Misalnya, cerita tentang seorang putri cantik yang tinggal di dalam gua atau cerita tentang firasat dari penemuan gua.

Konon, sebelum gua ini ditemukan, salah satu dari istri penambang yang menemukannya gua ini bermimpi. Dalam mimpinya, sang istri melihat bunga-bunga bercahaya indah yang dijaga oleh 2 (dua) ekor naga. Wah, mimpi yang misterius, ya? Yang jelas, dengan ada lampu warna-warni yang meneranginya, Gua Istana Maharani ini memang secantik bunga-bunga yang bercahaya indah.

Suka artikel berjudul Keindahan Gua Istana Maharani di Lamongan Jawa Timur, Yuk bagikan ke: