Mengenal Kain Paramba, Kain Khas Toraja



Kain Paramba menjadi salah satu kain tradisional khas dari Desa Sad'an, Malimbong Tobarana, Kabupaten Toraja Utara. Kain yang dibuat dengan berbagai macam kombinasi warna-warna cerah ini menjadi buah tangan khas Toraja yang banyak diminati para wisatawan.

Untuk membuat Kain Paramba ini tidaklah mudah. Diperlukan waktu yang cukup lama dalam membuat paramba dengan menggunakan alat tenun tradisional. Teknik-teknik dalam pembuatannya pun lumayan sulit, benang-benang dengan berbagai macam warna cerah ditarik secara bergantian diantara bagian bilah-bilah kayu.

Selain berbentuk kain, paramba ini juga dibuat dengan aneka bentuk, seperti tempat perhiasan dan tempat tissue. Kain ini dijual dengan harga yang bervariasi, yakni dari harga Rp. 45.000 sampai jutaan rupiah, semua tergantung dari bentuk, ukuran, dan juga lama pembuatannya.

Kain paramba ini menjadi salah satu warisan leluhur yang telah mulai langka keberadaannya. Mulai sedikitnya pengrajin yang mengerjakan kain paramba ini menjadi salah satu faktor kelangkaan kain ini. Sudah saatnya kita sebagai para generasi penerus melestarikan keberadaan kain paramba ini sebelum kain ini perlahan-lahan punah dan juga hilang dari peredaran.

Suka artikel berjudul Mengenal Kain Paramba, Kain Khas Toraja, Yuk bagikan ke: