Mengenal Lukisan Wayang Kaca



Asal Mula dari seni lukis di atas kaca ini muncul sekitar tahun 1927. Dahulu, para kolektor dari lukisan kaca ini adalah para petani kopi dan jeruk yang sangat kaya. Tetapi sekarang, lukisan kaca ini hanya dikoleksi oleh para kolektor dari berbagai daerah.

Lukisan Kaca

Lukisan kaca di Nagasepaha Buleleng awal mulanya hanya bertemakan wayang. Ada adegan Ramayana, Mahabarata, Sutasoma, Arjunawiwaha, dan adegan-adegan lainnya. Kalau pada wayang kulit dan wayang golek menceritakan kisah-kisah tradisional, namun pada wayang kaca ini cukup modern. Saat ini lukisan kaca Negasepaha memiliki tema tentang kehidupan sehari-hari.

Seniman lukis kaca yang bernama Jro Dalang Diah usianya telah 1 abad atau 100 tahun lhoo. Namun beliau masih terus melukis. Bahkan para keturunannya juga telah mulai melukis wayang kaca.

Dalam membuat lukisan wayang dikaca, bahan yang dibutuhkan biasanya adalah seperti tinta China, cat kayu, dan juga sebuah lembar kaca bening.

Bagaimana menurut kalian ? Cantik sekali ya wayang kaca itu. Apakah ada yang pernah mencoba menggambar wayang di atas kaca juga?

Suka artikel berjudul Mengenal Lukisan Wayang Kaca, Yuk bagikan ke: