Mengenal Macam-Macam Alas Kaki Tradisional Jepang



Kimono merupakan pakaian tradisional khas Jepang yang sampai saat ini masih populer dan sering digunakan. Untuk mendampingi penampilan ini, biasanya masyarakat Jepang memakai alas kaki tradisional yang juga mempunyai keunikan tersendiri.

Ada 3 macam footwear yang dapat kamu gunakan, yaitu geta, zori, dan tabi. Apa sih perbedaan ketiga alas kaki ini? Kenalan dengan beberapa benda ini lebih jauh, yuk!

1. Geta

Sandal Geta

Geta adalah alas kaki flip flop yang solnya terbuat dari kayu, dengan dibagian dasarnya yang kokoh. Pada geta ada sebuah bagian yang menyerupai gigi, yang sering disebut ha. Biasanya terdiri dari satu, dua, atau tiga gigi yang ada dibagian bawah sandal tersebut. Materialnya dibuat dari kayu paulownia. 

Sampai saat ini, sandal tersebut masih populer dan juga sering digunakan oleh masyarakat Jepang, walaupun telah melalui berbagai macam proses modifikasi, seperti geta yang didesain dengan aneka macam warna dan juga aksesoris lucu untuk mempercantik penampilan kimono yang digunakan. Ketinggian dari sandal ini memiliki makna tersendiri, yaitu untuk melindungi kain kimono yang indah dan juga mahal menyentuh tanah. Geta yang memiliki ukuran paling tinggi ini biasanya digunakan saat musim salju.

2. Zori

Sandal Zori

Kebanyakan wanita memakai kimono dengan zori. Bentuknya seperti sandal jepit yang ada di Indonesia. Ada yang memiliki sol tebal seperti halnya wedges, namun juga banyak yang flat. Jenis sandal yang satu ini termasuk jenis sandal yang masih populer dan bahkan sering menjadi buah tangan menarik bagi para wisatawan asing pada saat mengunjungi Jepang. Meskipun desain aslinya zori terbuat dari kayu, namun saat ini bahannya cukup beraneka ragam, mulai dari kulit, plastik, sampai karet. Selain itu juga, zori dipercantik dengan aneka ornamen penghias alas kaki yang semakin membuatnya semakin terlihat menarik.

3. Tabi

Sandal Tabi

Tabi adalah kaus kaki tradisional khas Jepang yang berwarna putih dan biasanya digunakan bersamaan dengan zori atau geta. Bentuknya unik dan juga dibuat dari material yang nyaman untuk digunakan. Ada juga tabi yang digunakan untuk aktivitas dioutdoor tanpa alas kaki tambahan, seperti pada ninja boots. Alas kaki satu ini biasanya digunakan untuk latihan bela diri tradisional khas Jepang.

Nah, itu tadi beberapa alas kaki yang dapat kamu kenakan untuk melengkapi penampilan kimono yang kamu kenakan.
Suka artikel berjudul Mengenal Macam-Macam Alas Kaki Tradisional Jepang, Yuk bagikan ke: