Mengenal Sulam Tumpar, Kain Sulam Khas Kalimantan Timur



Jika Anda sedang mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur, mungkin kain sulaman yang satu ini dapat dijadikan pilihan buah tangan keluarga Anda di rumah. Kain sulaman khas dari Kalimantan Timur ini memiliki corak yang beragam ragam dengan warna-warna yang cerah. Inilah Sulam Tumpar, kerajinan tangan kebanggaan dari masyarakat yang mempunyai ibukota di Samarinda ini.

Kerajinan Sulam Tumpar

Tidak hanya dalam bentuk kain sulaman, sulam tumpar ini juga banyak diaplikasikan ke berbagai macam barang, seperti tas, pakaian, sampai ke hiasan dinding. Aneka ragam corak seperti flora dan fauna menambah kecantikan kain sulaman yang banyak memikat hati para wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Samarinda ini.

Kain sulam tumpar ini sendiri dibuat dari hasil alam, yakni pohon ulap doyo. Pohon yang banyak tumbuh di Kalimantan ini memang banyak digunakan untuk bahan beberapa kerajinan. Selain kerajinan sulam tumpar, kerajinan lainnya seperti tenun badong tancep dan tenun ulap doyo juga menggunakan pohon ini sebagai bahannya dalam pembuatannya.

Tidak sulit untuk menemukan Kain sulam tumpar, di pusat oleh-oleh yang banyak tersebar di Kota Samarinda kain ini dapat ditemukan. Dengan harga yang relatif terjangkau, sulam tumpar dapat menjadi alternatif pilihan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Suka artikel berjudul Mengenal Sulam Tumpar, Kain Sulam Khas Kalimantan Timur, Yuk bagikan ke: