Musa Ingens, Pisang Raksasa Dari Tanah Papua



Musa Ingens adalah salah satu jenis pisang yang berukuran raksasa. Bahkan batang dan daunnya pun besar. Pohon pisang ini tingginya hingga mencapai 20 meter dan dengan diameter batang 2 (dua) meter. Sedangkan Pelepah daunnya sepanjang 5 (lima) meter dengan daun selebar 1,6 meter.

Pohon Pisang Musa Ingens

Pohon pisang raksasa ini ditemukan oleh seorang peneliti yang bernama NW Simmond pada tahun 1960 di Negara Papua Nugini. Kemudian pada 1989, pisang ini kembali dipopulerkan oleh peneliti Jeff Daniells.

Pisang ini ditemukan tumbuh di kawasan pegunungan Papua Nugini dengan ketinggian 1000 sampai 2100 meter di tengah hutan tropis yang dingin. Seperti halnya di Puncak Kassam, Aiyura, Bundi Kara, Kybor, Minj, Kamang, dan dareha Tsau. Sedangkan di wilayah Indonesia sendiri, pisang  raksasa ini ditemukan di Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

Ukuran dan Isi Buah Pisang Jenis Musa ingens

Sayangnya, buah pisang ini tidak dapat dikonsumi, karena memiliki biji banyak dan bahkan besar-besar. Namun kabarnya pisang raksasa yang tumbuh di Pegunungan Arfak ini dapat dikonsumsi, walaupun rasanya tidak manis.
Suka artikel berjudul Musa Ingens, Pisang Raksasa Dari Tanah Papua, Yuk bagikan ke: