Museum 10 November Di Surabaya Jawa Timur



Museum 10 Nopember terletak tepat di jantung Kota Surabaya, yaitu tepatnya berada ditiga jalan utama Surabaya, yakni Jalan Pahlawan, Jalan Tembakan, dan Jalan Bubutan. Masuk ke kawasan museum ini, para pengunjung akan langsung merasakan nuansa dimasa-masa pergerakan kemerdekaan. Patung the founding fathers, yaitu Sukarno-Hatta menyambut, dibalik patung tersebut terdapat sebuah reruntuhan bangunan, namun pilar-pilarnya masih berdiri tegak. Pillar-pilar ini penuh dengan coretan yang menggambarkan semangat dari perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Ruang Diorama

Museum 10 Nopember ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung, sehingga pengunjung dapat nyaman dan tidak bosan untuk berlama-lama di dalam museum ini. Berbagai macam fasilitas modern tersebut diantaranya adalah diorama audio-visual, hall of fame, serta auditorium yang digunakan untuk menonton film dokumenter pertempuran 10 Nopember di Surabaya.

Salah satu koleksi di Museum 10 Nopember

Koleksi Museum 10 Nopember juga sangat beragam, seperti foto-foto dokumentasi, koleksi senjata, baik itu yang dipakai oleh rakyat Surabaya maupun senjata yang pernah dipakai oleh pihak sekutu dan tentara Jepang. Selain itu juga terdapat duplikat surat-menyurat, sampai pakaian seragam tentara, dan nukilan sejarah yang dilengkapi dengan suara asli.

Museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi, Museum 10 Nopember memberi sebuah gambaran betapa heroiknya rakyat Surabaya didalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat persatuan sebagai bangsa yang ingin merdeka menjadi sebuah jawaban atas pertanyaan mengapa pertempuran itu harus terjadi. Harga yang mahal dan harus dibayar generasi penerus, mengingat mempertahankan akan lebih sulit ketimbang meraih kemerdekaan.

Suka artikel berjudul Museum 10 November Di Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: