Panting, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Selatan



Panting adalah alat musik tradisional sejenis gambus yang berasal dari Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Sekilas Alat musik Pating ini mirip dengan alat musik gitar, sebab bunyi yang dihasilkan berasal dari petikan senar. Panting ini biasanya hanya dimainkan oleh masyarakat suku Banjar.

Pertunjukan Musik Panting

Pada awalnya, alat musik Panting ini dimainkan perorangan. Namun dengan seiring perkembangan zaman, alat musik ini lebih menarik jika dimainkan secara bersama dengan alat musik lainnya, seperti alat musik babun, gong, dan biola. Meskipun telah dipadukan dengan alat musik lain, namun bunyi dari alat musik panting tetap mendominasi pada saat dimainkan. Itulah sebabnya, paduan dari alat musik ini disebut dengan musik panting.

Alat Musik Panting

Nah, yang memberi nama alat musik ini adalah Pak A. Sarbani. Beliau lah yang memperkenalkan musik panting ini sebagai seni musik tradisional khas dari Kalimantan Selatan.

Sebagai kesenian tradisional, musik panting ini sering digunakan didalam acara perkawinan atau acara-acara pertunjukkan guna mempererat silahturami antar masyarakat. Selain itu alat musik ini juga menjadi sarana pendidikan, karena syair-syair pada musik panting ini banyak berisikan tentang nasehat dan petuah. 

Dan yang menarik lagi, lagu-lagu yang dinyanyikan tidak menggunakan refrain, dikarenakan syairnya banyak menggunakan pantun. Pada saat bermain musik panting, biasanya para pemain akan memakai pakaian Banjar.

Suka artikel berjudul Panting, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Selatan, Yuk bagikan ke: