Pikon, Alat Musik Tradisional Dari Papua


Pikon, Alat Musik Tradisional Dari Papua

Pikon adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Pikon sebenarnya berasal dari kata Pikonane, dan didalam bahasa Baliem artinya alat musik bunyi. Alat musik Pikon ini merupakan alat musik tradisional khas dari suku Dani yang biasa dimainkan oleh para kaum pria. Biasanya mereka memainkan alat musik Pikon ini sambil beristirahat setelah lelah bekerja seharian atau ketika sedang bersantai di honai. 

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Pikon sebenarnya tidaklah merdu, malahan cenderung sumbang. Hal tersebut wajar karena pada awalnya, alat musik Pikon ini dibuat hanya sebagai penghilang rasa penat sehingga suara yang dihasilkan pun lebih mirip dengan suara kicau burung yang tak bernada. Walaupun demikian, seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini suara yang dihasilkan oleh Pikon mulai bisa terdengar sebagai nada do, mi dan sol.

Suku Dani Yang Sedang Memainkan Pikon
Suku Dani Yang Sedang Memainkan Pikon

Pikon adalah alat musik yang cukup spesifik. Tidak sembarang orang yang dapat memainkan alat ini, karena cara memainkan alat musik ini cukup rumit. Namun, kerumitannya inilah yang membuat alat musik Pikon menjadi otentik dan istimewa. Bahkan, tidak semua orang di Indonesia tahu jika ada alat musik khas Papua yang bernama Pikon ini.

Suka artikel berjudul Pikon, Alat Musik Tradisional Dari Papua, Yuk bagikan ke: