Sendratari Ramayana, Kesenian Tradisional Dari Cerita Ramayana



Sendratari Ramayana adalah sebuah pertunjukan seni perpaduan antara seni tari dan drama yang dikemas untuk membawakan cerita. Kesenian ini dinamakan Sendratari Ramayana dikarenakan cerita yang diangkat adalah cerita dari Ramayana. Sendratari Ramayana ini sering dipertunjukan dikomplek Candi Prambanan, Provinsi Yogyakarta.

Cerita Ramayana ini merupakan salah satu cerita didalam pewayangan yang sangat terkenal di indonesia. Cerita Ramayana ini menceritakan tentang sebuah perjuangan dan cinta dari Rama dalam menyelamatkan Sinta yang diculik oleh raja alengka yang bernama rahwana. Selain berisi tentang cinta dan juga perjuangan, cerita ini juga berisi tentang kebaikan didalam melawan angkaramurkaan. Karena ceritanya yang sangat panjang, maka didalam pertunjukan Sendratari Ramayana ini cerita tersebut dirangkum dan dibagi menjadi 4 (empat) episode. Pada episode pertama menceritakan hilangnya Sinta, lalu pada epidose kedua menceritakan perjalanan Hanoman ke Alengka, sedangkan pada episode ketiga menceritakan kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan episode yang terakhir adalah menceritakan pertemuan kembali Rama dan Sinta.

Gerakan dalam tarian dari Sendratari Ramayana ini hampir sama dengan kesenian Wayang wong. Namun yang membedakan pada Sendratari Ramayana ini tidak menggunakan dialog. Sehingga lebih mengutamakan dari gerakan ekspresi sebagai pengganti dialognya. Dalam pertunjukannya, kostum yang digunakan setiap tokoh atau peran berbeda-beda, tentunya disesuaikan dengan tokoh yang diperankannya. Kostum yang digunakan hampir sama dengan kostum yang digunakan pada kesenian Wayang wong. Namun, desain busana tersebut dibuat lebih sederhana sehingga akan lebih leluasa dalam bergerak.

Pertunjukan Sendratari Ramayana

Dalam pertunjukannya, para penari dibantu oleh seorang narator yang bertugas dalam membacakan isi cerita, kemudian para penari tersebut menari dan juga beradegan sesuai dari isi cerita yang dibacakan oleh narator tersebut. Pada pertunjukannya, Sendratari Ramayana ini juga diiringi oleh seorang pesinden dan iringan dari Gamelan, sehingga membuat pementasan kesenian ini lebih hidup.

Pertunjukan dari Sendratari Ramayana ini biasanya diselenggarakan di teater terbuka disebelah barat kompleks dari Candi Prambanan. Pengaturan panggung yang digunakan untuk pertunjukan Sendratari Ramayana ini sangatlah indah, yaitu menggunakan Candi Siwa, Candi Wisnu dan juga Candi Brahma sebagai latar belakang panggungnya. Selain itu juga didukung dengan lampu cahaya yang menyorot ke arah candi, sehingga menghasilkan efek cahaya yang membuat candi tersebut dapat terlihat megah pada saat malam hari. Namun pementasan pada panggung terbuka ini hanya diselenggarakan pada saat musim kemarau saja. Sedangkan pada musim hujan biasanya diselenggarakan di gedung yang tertutup, namun format cerita yang d gunakan lebih panjang dan bahkan lebih lengkap.

Dalam perkembangannya, kesenian Sendratari Ramayana ini telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai wujud dari apresiasi akan nilai seni dan budaya didalamnya. Sendratari Ramayana ini masih terus menerus dikembangkan dan juga dipentaskan sebagai wujud pelestarian budaya dan sebagai daya tarik wisatawan di Yogyakarta.

Suka artikel berjudul Sendratari Ramayana, Kesenian Tradisional Dari Cerita Ramayana, Yuk bagikan ke: