Taman Nasional Siberut Sumatra Barat



Taman Nasional Siberut yang terletak di Pulau Siberut, di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Taman Nasional ini mempunyai dengan luas 190.500 hektare ini sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan pada Nomor 407/Kpts-II/1993. Sebelumnya pada tahun 1981 pulau ini sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar biosfer yang melalui projek Man and Biosphere UNESCO.

Di Pulau Siberut ini tercatat antara lain sebanyak 896 spesies tumbuhan berkayu, lalu 31 spesies mamalia, dan juga 134 spesies burung. Terdapat juga empat spesies endemik primata yang sudah terancam punah. Keempat spesies endemik tersebut itu adalah siamang Mentawai atau (bilou, Hylobates klossii), lalu lutung atau (joja, Presbytis potenziani), kemudian monyet Mentawai atau (simakobu, Simias concolor), dan juga beruk atau  (bokoi, Macaca pagensis).

Flora Taman Nasional Siberut ini terdapat Hutan hujan menyelimuti hampir sebanyak 65 % di Pulau Siberut. Hutan ini juga merupakan istana bagi kehidupan flora dan juga fauna dengan menyediakan sumber makanan yang banyak dan juga tempat tinggal serta hutan ini telah berfungsi sebagai pendukung kehidupan tradisional bagi  masyarakat Mentawai terutama juga sebagai obat-obatan tradiosonal.

Fauna Taman Nasional Siberut ini juga terdapat Hylobates klossii (Bilou atau juga Siamang Kerdil) Bilou  ini merupakan jenis primata yang sudah paling terkenal di Mentawai. Di lihat Secara anatomis termasuk juga jenis ungko tertua yang masih hidup saat yakni dengan bulu-bulu yang jarang dan memiliki warna hitam gelap dan juga selaput antara jari kedua dan juga ketiga. Pekik Bilou yang paling sederhana di antara pekikan ungko, dan lebih panjang, bervariasi dan juga tidak dilakukan oleh ungko lainnya. Bilou hidup secara berkelompok yang telah terdiri dari induk jantan dan juga betina dengan anak-anaknya yang belum sempat dewasa. Bilou ini termasuk hewan jenis monogami dengan satu keluarga rata-rata sampai tiga sampai empat individu, dan sedangkan jumlah anggota dalam satu kelompok ini dapat mencapai 11 individu.

Suka artikel berjudul Taman Nasional Siberut Sumatra Barat, Yuk bagikan ke: