Tari Ambarang, Tarian Tradisional Dari Tulungagung Jawa Timur


Tari Ambarang, Tarian Tradisional Dari Tulungagung Jawa Timur

Tari Ambarang adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Tulungagung Jawa Timur. Tarian ini merupakan garapan kreasi yang menceritakan tentang para pengamen jaranan di Tulungagung. Seni tradisi jaranan ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantara adalah jaranan serentewe, jaranan campursari, jaranan pegon, dan juga jaranan Jawa. Dalam tari Ambarang ini, seni jaranan yang diambil sebagai landasannya adalah jaranan serentewe. Jaranan jenis tersebut memiliki ciri khas pada gerakannya yang lebih agresif.

Garapan seni pada tari Ambarang ini memasukkan beberapa gerak tari tradisional jawatimuran, seperti pada gerakan jaranan serentewe sendiri, gerakan tari pentul (tari topeng khas jawatimuran), kemudian dilengkapi dengan gerakan tari barongan yang digambarkan dengan perang barong.

Pertunjukan Tari Ambarang
Pertunjukan Tari Ambarang

Jika dilihat dari tata busana yang dikenakan, para penari Ambarang ini dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu penari pentul, jaranan, dan juga barong. Penari pentul ini umumnya adalah seorang perempuan dengan mengenakan kebaya berwarna cerah yang dilengkapi dengan selendang berwarna putih. Pada bagian tertentu, para penari pentul akan mengenakan topeng. Sementara itu busana para penari barong dan jaranan tidak terlalu berbeda, masih tetap menggunakan ciri khas dari busana penari jawatimuran yang berwarna cerah. Hanya saja para penari jaranan dilengkap dengan memakai kuda lumping, sementara para penari barong dilengkapi dengan topeng barongan dan juga properti pecut.

Sementara itu garapan musik yang mengiringi tari Ambarang ini diadopsi dari musik seni tradisi jaranan serentewe, yang memakai alat musik Jawa berupa Pelok Selendro, perkusi, dan juga reog gendang tulungagung. Berbagai alat musik tersebut lalu dikembangkan dan dikolaborasikan dengan berbagai alat musik modern. Di tengah-tengah pementasan, juga akan terdengar para penembang jawa yang umumnya adalah seorang perempuan.

Suka artikel berjudul Tari Ambarang, Tarian Tradisional Dari Tulungagung Jawa Timur, Yuk bagikan ke: