Tari Cilinaya, Tarian Tradisional Dari Bali


Tari Cilinaya, Tarian Tradisional Dari Bali

Tari Cilinaya adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini diciptakan oleh I Wayan Dibia, yaitu salah satu seorang maestro tari tradisional Bali di tahun 1986. Tari Cilinaya ini pada awalnya diciptakan untuk dipentaskan oleh Sekaa Gong Patra Kencana Singapadu, di Gianyar.

Gagasan lahirnya tarian ini terinspirasi dari ornamen cili. Cili ini merupakan salah satu ornamen khas didalam busana para penari Tari Cilinaya. Cili berupa sehelai kain panjang yang pada bagian ujungnya lancip dengan motif yang berwarna-warni. Cili yang menjadi bagian busana para penari melambangkan sebuah keceriaan dan kegembiraan melaui pesan utama dari tarian ini.

Pertunjukan Tari Cilinaya
Pertunjukan Tari Cilinaya

Dalam Tari cilinaya ini menampilkan sekelompok gadis cantik yang melenggok dengan lemah gemulai. Tarian ini menggambarkan keceriaan dimasa muda para gadis. Berbeda dengan banyak tari lainnya yang lebih menonjolkan delik mata yang tajam, tarian ini dibawakan secara riang gembira dan penuh dengan senyuman. Tarian ini juga menonjolkan sisi keanggunan gerakan dari para penarinya.
Suka artikel berjudul Tari Cilinaya, Tarian Tradisional Dari Bali, Yuk bagikan ke: