Tari Kamonesan, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat


Tari Kamonesan, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Kamonesan adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini merupakan gambaran kearifan lokal dan cara hidup tradisional dari Masyarakat Sunda. Ciri khas dalam tarian ini adalah pada penari perempuan yang membawa boboko atau bakul sebagai properti dalam menarinya.

Pertunjukan Tari Kamonesan

Dalam Pertunjukannya, Tari Kamonesan ini merupakan tari berpasangan dan biasanya ditarikan oleh 8 (delapan) orang penari, yang terdiri dari 4 (empat) orang laki-laki dan 4 (empat) orang perempuan. Tarian ini dibuka dengan penari pria yang mempertontonkan atraksi dalam menari dengan gerakan-gerakan tangan seperti pada gerakan silat.

Setelah itu dilanjutkan penari perempuan dengan jari tangan yang lentik dan juga gerakan yang gemulai mempertunjukan kebolehannya dalam beraksi diatas panggung. Gerakan ini kemudian berlanjut dengan para penari yang membentuk formasi berpasangan, dimana posisi dari penari laki-laki berada di bagian belakang perempuan.

Pertunjukan Tari Kamonesan
Pertunjukan Tari Kamonesan

Dalam tarian ini, para penari melakukan gerakan-gerakan seperti pada saat sedang menjalani kehidupan sehari-hari, seperti halnya pada penari wanita yang membawa bakul di bagian pundak dan akan menuju sawah atau ladang. Sedangkan pada penari pria akan mengibarkan selendang yang telah mereka bawa dan seperti menyambut kedatangan penari wanita. Sesekali penari pria akan membungkuk dan melakukan gerakan kepada wanita sambil memberikan kembali boboko atau bakul yang dibawa.

Busana Tari Kamonesan

Para penari dalam tarian ini biasanya menggunakan kostum yang berwarna terang dan cerah seperti warna merah, biru, kuning dan hijau. Pada para penari pria biasanya menggunakan kostum berupa celana pangsi lengkap dengan menggunakan ikat kepala, sedangkan pada para penari perempuan biasanya mengenakan kebaya lengkap dengan tutup kepala. Selain itu penari perempuan juga akan membawa boboko atau bakul sebagai properti dalam menari.

Pengiring Tari Kamonesan

Dalam pertunjukannya, Tari Kamonesan ini biasanya akan diiringi alat musik tradisional khas sunda, seperti alat musik gendang, gamelan sunda dan suling. Dengan adanya alat musik tersebut, membuat tarian ini semakin hidup. 

Suka artikel berjudul Tari Kamonesan, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat, Yuk bagikan ke: