Tari Kinyah Uut Danum, Tarian Perang Dari Kalimantan Barat


Tari Kinyah Uut Danum, Tarian Perang Dari Kalimantan Barat

Tari Kinyah Uut Danum adalah tarian perang yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat. Tarian ini memperlihatkan keberanian dan juga teknik bela diri pada saat berperang. Sesuai dengan namanya, bahwa tarian ini berasal dari sub suku dayak uut danum yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Sejarah Tari Kinyah Uut Danum

Tari Kinyah Uut Danum ini awalnya merupakan tarian untuk persiapan fisik sebelum mengayau, yakni tradisi pemburuan kepala musuh yang dilakukan oleh suku dayak zaman dahulu. Tarian ini untuk menunjukan kesiapan dari para laki laki dayak uut danum untuk dilepaskan dihutan untuk mengayau. Hampir semua dari sub suku dayak memiliki tarian perang yang seperti ini. Namun setiap sub suku dayak tentunya mempunyai teknik membunuh rahasia. Suku dayak uut danum ini sendiri dikenal dengan gerakan dan  juga teknik yang berbahaya dalam membunuh para musuhnya.

Seiring perkembangan zaman, tradisi mengayau ini berakhir pada saat perjanjian tumbang anoi. Perjanjian tumbang anoi ini merupakan perjanjian damai, dimana para pemimpin setiap sub suku dayak di Provinsi Kalimantan berkumpul dan melakukan perjanjian damai. Setelah adanya perjanjian damai itu, tradisi mengayau ditinggalkan dan tari kinyah mulai dijadikan sebagai tarian tradisional. Selain itu juga tarian ini untuk memperingati sejarah serta keberanian laki laki dayak zaman dahulu.

Pertunjukan Tari Kinyah Uut Danum

Gerakan pada tari Kinyah Uut Danum ini lebih diutamakan pada gerakan yang gesit dalam menyerang dan kewaspadaan dalam bertahan. Selain gerakan teknik bela diri, tarian ini juga diselingi dengan gerakan tari serta teatrikal supaya gerakan tidak terlihat kaku didalam pertunjukannya. Tarian ini biasanya dilakukan oleh 2 (dua) orang laki laki. Pada saat menari, salah satu penari akan melakukan serangan dadakan sehingga diperlukan kewaspadaan yang tinggi dalam bertahan. Tidak jarang tarian ini membuat penonton berdecak kagum dalam menyaksikan pertunjukan Tari Kinyah Uut Danum ini.

Kostum Tari Kinyah Uut Danum

Dalam pertunjukannya, tari Kinyah Uut Danum ini dilakukan oleh 2 (dua) orang laki laki. Kostum yang digunakan dalam tarian ini merupakan pakaian adat khas dari suku dayak uut danum. Dalam tarian ini penari dilengkapi dengan senjata seperti Mandau dan juga perisai yang digunakan untuk menyerang dan bertahan. Dalam tarian ini juga diiringi musik tradisional dengan ritme sesuai dengan gerakan dari para penarinya, sehingga pertunjukan ini telihat lebih hidup dan juga menakjubkan.

Perkembangan Tari Kinyah Uut Danum

Tari Kinyah Uut Danum sering dipertunjukan dalam acara adat seperti pada acara gawai, penyambutan tamu dan juga festival budaya. Tarian ini masih dilestarikan oleh pemerintah daerah dan juga masyarakat dayak sebagai pelestarian warisan budaya serta kesenian tradisional di Provinsi Kalimantan barat. Walaupun banyak penambahan kreasi dan juga variasi didalam setiap pertunjukannya, namun tidak mengurangi nilai-nilai dan gerakan aslinya.

Suka artikel berjudul Tari Kinyah Uut Danum, Tarian Perang Dari Kalimantan Barat , Yuk bagikan ke: