Tari Lalayon, Tarian Tradisional Dari Maluku Utara


Tari Lalayon, Tarian Tradisional Dari Maluku Utara

Tari Lalayon adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini merupakan tari pergaulan yang berisikan pesan-pesan berbau romantis dan cinta. Karena tarian ini berisikan pesan-pesan berbau romantis dan cinta, maka, tarian ini biasa akan dibawakan secara berpasangsan dan memiliki gerakan-gerakan yang indah disepanjang babak tariannya. Lagu yang berirama Melayu juga menjadi elemen terpenting didalam membentuk atmosfir romantis yang akan mendukung tersampainya pesan.

Pertunjukan Tari Lalayon

Pertunjukan Tari Lalayon
Pertunjukan Tari Lalayon

Pada Pertunjukannya, Dimulai dengan para penari merambah ke tengah pelataran. Lalu semua mata para penari akan saling berpandangan antara penari pria dan wanita seolah-olah sedang dalam perasaan kasmaran. Kemudian penari pria mulai melakukan gerakan menggoda dihadapan penari wanita. Setelah itu penari wanita akan memunculkan sebuah senyum simpul di bagian mulutnya tanda menerima godaan dari penari pria. Keduanya kemudian berputar-putar dan tubuh mereka seolah-olah sedang berdialog satu dengan lainnya. Perasaan sayang dan penuh perhatian sangat terasa didalam tiap gerakan para penari ini. Setiap pasangan akan menunjukkan kehangatan yang begitu mendalam sebagai bentuk dari pesan cinta yang mereka miliki.

Perkembangan Tari Lalayon

Tari Lalayon ini biasanya dibawakan dalam acara-acara formal seperti acara Pesta adat atau perkawinan. Tarian ini merupakan karya etnik dari Maluku Utara yang patut diacungi jempol, karena para generasi muda Ternate masih banyak mengetahinya. Mereka juga tidak malu dan bahkan sebaliknya sangat mendukung tarian ini, mungkin karena nilai cinta yang terkandung didalam tarian Lalayon. Walaupun demikian, tarian ini tidak hanya bermakna hubungan kasih diantara muda-mudi saja. Tari Lalayon ini juga dapat bermakna sebuah ucapan syukur atas berbagai anugerahyang telah Tuhan berikan.

Suka artikel berjudul Tari Lalayon, Tarian Tradisional Dari Maluku Utara, Yuk bagikan ke: