Tari Nguri, Tarian Tradisional Dari Sumbawa, Provinsi NTB


Tari Nguri, Tarian Tradisional Dari Sumbawa, Provinsi NTB

Tari Nguri adalah salah satu tarian tradisional dari Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tarian ini dibawakan oleh para penari wanita secara berkelompok. Tarian ini menggambarkan keterbukaan dan keramah-tamahan dari masyarakat Sumbawa yang dicurahkan dalam bentuk gerakan tari. Tari Nguri ini merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Indonesia, khususnya di daerah Sumbawa  yang merupakan daerah asalnya.

Daftar Isi

Sejarah Tari Nguri

Tari Nguri ini berawal dari tradisi nguri yang dilakukan oleh masyarakat Sumbawa pada zaman dahulu, dimana masyarakat memberikan semangat kepada sang raja yang sedang mengalami berbagai macam masalah atau bencana yang melalui berbagai persembahan yang diberikannya. Tradisi tersebut merupakan sebuah dukungan, penghormatan dan pengabdian masyarakat terhadap raja yang memimpin dan juga menciptakan kemakmuran untuk masyarakatnya sendiri.

Terinspirasi dari tradisi masyarakat tersebut, salah satu seniman yang berasal dari Sumbawa bernama H. Mahmud Dea Batekal menciptakan sebuah tarian yang bernama Tari Nguri ini. Tarian ini dikemas dengan gerakan yang penuh makna serta gaya khas dari Sumbawa. Tari Nguri ini lalu mulai dikenal oleh masyarakat melalui berbagai acara budaya yang diselenggarakan disana. Dalam setiap acara tersebut, Tari Nguri ini selalu dijadikan tarian utama yang wajib dibawakan oleh para peserta, sehingga dapat berkembang pesat dikalangan masyarakat Sumbawa.

Nilai-Nilai dan Fungsi Tari Nguri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tarian ini berawal tradisi adat dari masyarakat Sumbawa yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan juga pengabdian masyarakat kepada pemimpin mereka. Selain terdapat nilai historis didalamnya, tarian ini juga mempunyai berbagai nilai-nilai tentang kehidupan seperti kesopanan, kelembutan, keramahan, dan bagaimana peran masyarakat kepada pemimpin dalam menciptakan kesejahteraan bersama.

Pertunjukan Tari Nguri

Tari Nguri ini biasanya akan ditampilkan oleh para penari wanita secara berkelompok. Dalam pertunjukannya, para penari akan menari dengan gerakan yang lemah lembut yang mengedepankan kesopanan dan juga keramahan. Gerakan dasar didalam tarian ini terdiri dari gerak batanak, gerak nyema, linting sere, jempit tope, gerak tebe, dan lunte begitik. Gerakan tersebut dikreasikan menjadi satu rangkaian dari gerakan penghormatan dan persembahan. Dalam pertunjukannya, Tari Nguri ini biasanya diiringi oleh sebuah alunan musik tradisional seperti gong, genang atau gendang, rebana besar, serunai pelampong, dan juga satung serek.
Advertisement

Kostum Tari Nguri

Kostum yang digunakan para penari dalam pertunjukan Tari Nguri ini biasanya menggunakan busana tradisional khas dari Sumbawa. Busana tersebut diantaranya, baju lengan pendek dengan ukuran yang agak besar. Dibagian bawah menggunakan kain panjang dan juga rok pendek pada bagian luar sebagai pemanis. Dibagian kepala, rambut penari digelung serta diberi semacam bando atau mahkota. Selain itu juga berbagai aksesoris seperti kalung, anting dan juga hiasan bunga yang membuat para penari terlihat cantik dan anggun.

Suka artikel berjudul Tari Nguri, Tarian Tradisional Dari Sumbawa, Provinsi NTB, Yuk bagikan ke: