Tari Petik Pari, Tarian Tradisional Dari Pacitan Jawa Timur


Tari Petik Pari, Tarian Tradisional Dari Pacitan Jawa Timur

Tari Petik Pari adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Pacitan, Provinsi Jawa Barat. Tarian ini merupakan tarian untuk merayakan hasil panen padi. Tari Petik Pari ini merupakan tarian kontemporer yang dikembangkan oleh seorang guru yang bernama Anang dari sanggar Blarak Pacitan.

Dalam Pertunjukannya, tarian ini biasanya ditarikan oleh 5 (lima) orang penari yang keseluruhnya perempuan. Tarian ini diawali dengan masuknya satu persatu para ke atas panggung. Kelima orang penari tersebut bergerak melingkar, memutar, dan kemudian berbaris lurus dengan gerak dasar tumit, tangan dan pinggul. Setelah itu para penari berpencar dan saling berhadapan satu sama lain dalam formasi setengah lingkaran. Gerakan tarian dilanjutkan dengan para penari berjongkok seraya meragakan gerakan memetik padi.

Pertunjukan Tari Petik Pari
Pertunjukan Tari Petik Pari

Usai menampilkan gerakan utama, kemudian kelima para penari tersebut melakukan gerak saling berangkulan, memainkan kaki, memutar putran kecil, dan lalu berlanjut ke putaran besar. Empat orang penari mengelilingi satu penari dan berhenti dengan posisi seolah-olah sedang menyambut para penonton. Gerakan tersebut merupakan gerakan penutup dan kemudian para penari kembali ke belakang panggung.

Suka artikel berjudul Tari Petik Pari, Tarian Tradisional Dari Pacitan Jawa Timur, Yuk bagikan ke: