Tari Pingan, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Barat


Tari Pingan, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Barat

Tari Pingan adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Tarian ini merupakan tarian berupa hiburan untuk rakyat. Kata pingan dalam bahasa Dayak Mualang ini artinya piring yang terbuat dari batu atau dari tanah liat. Sesuai dengan namanya, tarian ini memakai piring sebagai atribut dalam menari.

Tarian ini pada awalnya merupakan tarian adat yang disajikan untuk menghibur masyarakat disetiap acara tradisional seperti gawai, pernikahan dan lain-lain. Tarian ini merupakan tarian yang sangat atraktif, dengan menggunakan piring sebagai atribut dalam menarinya. Dalam setiap gerakannya tidak jarang mengundang decak kagum para penonton yang sedang melihatnya.

Gerakan dalam Tari Pingan ini lebih menekankan pada gerakan yang atraktif dengan menggunakan piring sebagai atribut menarinya dan dipadukan dengan gerakan seni tari. Gerakan dalam Tari Pingan ini diadaptasi dari gerakan silat tradisional dengan gerakan yang lincah serta atraktif dan sering kali membuat kagum para penontonnya.

Tari Pingan ini terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Tari Pingan inok (wanita) dan juga Tari Pingan laki (laki-laki). Perbedaan dari kedua jenis ini adalah pada gerakannya, dimana gerakan tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda pada gerakan atraksinya. Dalam hal tersebut Tari Pingan laki memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Tari Pingan inok.

Dalam pertunjukannya, para penari membawa piring atau pingan dikedua tangannya yang digunakan untuk atribut menari. Selain itu penari dilengkapi dengan cincin pada jari tengah para penari, sehingga pada saat penari memainkan piringnya akan menimbulkan suara jika piring dan cincin tersebut bersentuhan. Gerakan dalam memainkan piring tersebut disesuaikan dengan iringan tebah supaya suara dari pingan tersebut akan saling mengisi dengan suara iringan dari tebah. Tebah ini merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari tawag, entebong (gendang panjang), dan juga tincin timah peningkak.

Tari Pingan ini sekilas hampir mirip dengan Tari Piring dari Padang, Provinsi Sumatera barat. Namun yang membedakan dalam tarian ini ialah gerakannya yang lebih menekankan kepada gerakan yang atraktif. Sedangkan pada tari piring lebih menekankan pada permainan piring yang sangat anggun.

Walaupun Tari Pingan ini merupakan salah satu dari tarian tradisional yang telah lama, namun tarian ini masih tetap dilestarikan. Banyak sanggar budaya disana yang masih melestarikan Tari Pingan ini sebagai salah satu tarian tradisional di Provinsi Kalimantan Barat. Tarian ini masih sering dipertunjukan diberbagai acara daerah seperti gawai, penyambutan tamu dan festival budaya.

Suka artikel berjudul Tari Pingan, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Barat, Yuk bagikan ke: