Tari Salai Jin, Tarian Mistis Dari Ternate Maluku Utara


Tari Salai Jin, Tarian Mistis Dari Ternate Maluku Utara

Tari Salai Jin adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Ternate, Provinsi Maluku Utara. Tarian ini sarat akan nilai magis dan merupakan tarian dari etnik suku asli Ternate. Inti dalam tarian ini adalah sebuah pesan dari para makhluk gaib yang berupa mahluk Jin.

Pada zaman dahulu, Tari Salai Jin ini dipakai oleh nenek moyang dari masyarakat Ternate untuk berkomunikasi dengan bangsa Jin yang ada di alam gaib. Tujuan dari komunikasi tersebut adalah untuk meminta bantuan kepada para Jin untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang tengah dihadapi oleh manusia. Salah satu persoalan yang paling umum menjadi alasan tarian ini diadakan adalah penyakit yang sedang diderita oleh salah seorang dari anggota keluarga.

Pertunjukan Tari Salai Jin
Pertunjukan Tari Salai Jin

Pada pertunjukannya, Tari Salai Jin ini biasanya akan ditampilkan secara berkelompok. Para penari dalam tarian ini haruslah berjumlah genap, hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, para penari dalam tarian ini biasanya bebas, yaitu dapat ditarikan oleh pria ataupun wanita, bahkan campuran antara pria dan wanita. Pada saat menarikan Tari Salai Jin ini, biasanya para penari akan mengalami kemasukan roh halus yang berupa Jin. Hal tersebut masih terus terjadi sampai di-era modern ini.

Suka artikel berjudul Tari Salai Jin, Tarian Mistis Dari Ternate Maluku Utara, Yuk bagikan ke: