Tari Sepen, Tarian Tradisional Dari Kepulauan Bangka Belitung


Tari Sepen, Tarian Tradisional Dari Kepulauan Bangka Belitung

Tari Sepen adalah tarian tradisional yang berasal dari kepulauan Bangka Belitung. Tarian ini di dalamnya terdapat unsur gerakan pencak silat. Tari Sepen merupakan tari tradisional yang sangat kental akan budaya melayu, baik itu dari segi kostum, pengiring dan beberapa gerakan didalamnya. Tari Sepen ini biasanya ditampilkan untuk tarian selamat datang pada acara penyambutan tamu besar yang sedang datang kesana.

Daftar Isi

Gerakan Tari Sepen

Gerakan Tari Sepen ini lebih mengutamakan kelincahan pada gerakan tangan dan kaki. Pada setiap gerakan tarian ini tentu mempunyai makna tersendiri didalamnya. Tarian ini didominasi oleh gerakan tepuk tangan yang kemudian diselaraskan oleh alunan dari alat musik pengiring. Selain itu formasi para penari yang sering berpindah-pindah tetapi tetap terlihat rapi sehingga menghasilkan gerakan yang sangat indah.

Pertunjukan Tari Sepen

Dalam pertunjukan Tari Sepen biasanya akandimainkan oleh beberapa penari wanita secara berpasang-pasang. Namun terdapat juga yang menampilkan para penari pria yang berpasangan dengan penari wanita. Walaupun begitu, gerakan yang ditampilkan tetap sama, yakni gerakan yang dilakukan secara lincah dan dinamis sesuai dengan alunan dari musik pengiring. Dalam setiap pertunjukan biasanya terdapat beberapa variasi gerakan yang ditampilkan para penari. Hal tersebut sering dilakukan dalam mengurangi gerakan yang diulang-ulang agar terlihat menarik dan juga tidak monotone, namun tidak menghilangkan gerakan dari aslinya.

Pengiring Tari Sepen

Dalam pertunjukan Tari Sepen ini biasa diiringi oleh iringan musik dan lagu-lagu yang sangat kental akan alunan dari musik tradisional melayu. Alat musik pengiring Tari Sepen ini biasanya seperti gendang, rebana, biola, akordeon dan lainnya. Untuk lagu pengiringnya biasanya menggunakan lagu khas dari masyarakat melayu Belitung.

Kostum Tari Sepen

Kostum yang digunakan para penari pada pertunjukan Tari Sepen ini juga identik dengan busana khas dari melayu. Penari wanita biasanya akan menggunakan busana seperti baju berlengan panjang, celana panjang dan kain yang menutupi pada bagian pinggang. Selain itu pada bagian kepala ada juga yang menggunakan kerudung, tapi ada juga yang tidak menggunakan. Kostum para penari ini biasanya didominasi oleh warna-warna cerah yang menggambarkan sebuah kegembiraan.

Perkembangan Tari Sepen

Dalam perkembangannya, tarian ini menjadi salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal dimasyarakat Bangka Belitung, khususnya di daerah kepulauan Bangkan Belitung yang menjadi tempat asalnya. Tarian ini sering ditampilkan diberbagai festival budaya maupun penyambutan tamu besar dan juga para rombongan wisatawan yang datang kesana. Selain digunakan sebagai hiburan, tarian ini juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kekayaan seni dan budaya yang ada di daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Suka artikel berjudul Tari Sepen, Tarian Tradisional Dari Kepulauan Bangka Belitung, Yuk bagikan ke: