Tari Sparkling Surabaya, Tarian Tradisional Dari Surabaya Jawa Timur


Tari Sparkling Surabaya, Tarian Tradisional Dari Surabaya Jawa Timur

Tari Sparkling Surabaya adalah tarian kreasi baru yang menggambarkan jati diri dari masyarakat kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Tarian ini merupakan perpaduan antara tarian modern dan tradisional yang digarap dengan sangat baik tanpa meninggalkan nilai seni dan budaya yang terdapat pada Kota Surabaya. Walaupun tarian ini merupakan tarian kreasi baru, namun Tari Sparkling Surabaya ini telah sangat dikenal oleh masyarakat Kota Surabaya dan menjadi salah satu tarian selamat datang bagi wisatawan atau tamu besar yang sedang datang kesana.

Sejarah Tari Sparkling Surabaya

Tari Sparkling Surabaya merupakan tarian kreasi yang diciptakan oleh Diaztiarni ditahun 2007. Tarian ini diciptakan dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Surabaya yang ke-714 dengan mengambil tema Surabaya Sparkling. Dari situlah tarian ini diberi nama Tari Sparkling Surabaya, dengan harapan kelincahan dan juga keindahan dalam tarian ini menggambarkan jati diri serta semangat masyarakat Kota Surabaya yang selalu bersinar. Tari Sparkling Surabaya ini juga merupakan hasil perpaduan unsur tradisional seperti gerak tari, busana, dan musik tradisional khas Jawa Timur yang dikemas dengan gaya modern sehingga akan menampilkan sesuatu yang bebeda dan juga kaya akan nilai seni dan budaya.

Pertunjukan Tari Sparkling Surabaya

Dalam pertunjukannya, tarian ini ditampilkan oleh 5 sampai 10 orang penari wanita. Gerakan dalam tarian ini cenderung cepat dan juga lincah dengan gerakan yang selaras dengan musik pengiringnya. Gerakan ini menggambarkan sifat dari masyarakat modern Surabaya yang egaliter dan juga tidak lamban. Selain itu juga ragam gerakan Tari Sparkling Surabaya ini mengacu kepada motif gerak tari tradisional Jawa Timuran yang berkembang di Kota Surabaya. Sehingga walaupun merupakan tarian bernuansa modern tetapi tidak meninggalkan nilai seni serta budaya yang ada.

Pengiring Tari Sparkling Surabaya

Musik pengiring dalam pertunjukan Tari Sparkling Surabaya ini adalah perpaduan dari musik tradisional khas Jawa Timuran yang dikemas dengan nuansa yang modern. Dalam musik pengiring ini ada berbagai alat musik gamelan dengan laras khas dari Jawa Timuran, yang dipadukan dengan berbagai alat musik perkusi dan lain-lain. Selain itu musik tradisional ini juga dikolaborasikan dengan alunan lagu daerah, sehingga akan menampilkan iringan musik yang khas namun tetep seirama dengan gerakan pada tarian ini.

Kostum Tari Sparkling Surabaya

Kostum Tari Sparkling Surabaya
Kostum Tari Sparkling Surabaya

Pada pertunjukannya, para penari menggunakan kostum seperti menggunakan kemben dan kebaya dibagian luarnya. Sedangkan pada bagian bawah akan menggunakan kain yang panjangnya sepanjang mata kaki dan memakai berbagai macam aksesoris pemanis yang membuat para penari terlihat sangat cantik. Untuk warna biasanya dapat bermacam-macam seperti warna hijau, merah, kuning, biru, dan emas. Ciri khas dalam tarian ini terdapat pada sayap kain berwarna emas yang digunakan sebagai atribut menari.

Perkembangan Tari Sparkling Surabaya

Dalam perkembangannya, Tarian ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat luas dengan sering ditampilkannya diberbagai perayaan atau acara budaya baik itu dalam negeri maupun mancanegara. Selain itu juga tarian ini diangkat sebagai salah satu ikon kota Surabaya karena nilai-nilai didalamnya yang menggambarkan Kota Surabaya.

Suka artikel berjudul Tari Sparkling Surabaya, Tarian Tradisional Dari Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: