Tari Topeng Temenggung, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat


Tari Topeng Temenggung, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Topeng Temenggung adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Cirebon Jawa Barat. Tarian ini merupakan salah satu dari lima tari topeng yang berasal dari Cirebon, selain Tari Topeng Panji, Tari Topeng Samba, Tari Topeng Rumyang, dan juga Tari Topeng Kelana. Kelima tari topeng Cirebon ini memiliki karakter dan unsur yang berbeda-beda pada saat dipentaskan.

Asal Usul Tari Topeng Temenggung

Tari Topeng Temenggung ini menceritakan sebuah ksatria yang gagah berani dalam berperang melawan angkara murka. Sosok ksatria ini disimbolkan oleh Temenggung, yakni seorang Adipati yang berasal dari Magadiraja yang dihadapkan oleh sang perusuh yang bernama Jinggaanom.

Bagi masyarakat Cirebon Jawa Barat, topeng dianggap sakral. Selain sebagai simbol dari tanggung jawab, topeng ini juga dianggap sebagai jati diri dari seseorang. 

Pertunjukan Tari Topeng Temenggung

Dalam pertunjukan, gerakan tubuh sang penari terlihat tegap namun elegan. Gerakan tersebut melambangkan sang penari tengah menjadi ksatria yang gagah dan juga tangkas. Gerakan punggung dan tangan sangat tegas, hal itu memperlihatkan bahwa tarian ini adalah tarian yang melambangkan seorang ksatria. Walaupun tarian ini melambangkan ksatria yang gagah, namun tidak jarang tarian ini dibawakan oleh kaum wanita.

Busana Tari Topeng Temenggung

Para penari dalam Tari Topeng Tumenggung ini memakai busana atau pakaian serba hitam dan menggunakan celana sebatas lutut serta memakai penutup kepala atau yang sering disebut sobra sebagai hiasan yang melekat di kepala. Selain itu, para penari juga memakai topeng merah dengan kumis tebal yang memperlihatkan karakter orang yang gagah dan juga berwibawa.

Pengiring Tari Topeng Temenggung

Dalam pertunjukan Tari Topeng Tumenggung ini biasanya diiringi oleh musik gamelan yang dipadukan dengan alat musik gendang. Sementara itu lagu yang biasa digunakan adalah lagu temenggungan, barendodoan, dan juga barenkering. Tari tradisional Cirebon ini biasa dipentaskan baik itu secara perorangan maupun kelompok.

Perkembangan Tari Topeng Temenggung

Dalam perkembangannya, Tari Topeng Temenggung ini masih terus menerus dilestarikan dan di pelajari oleh beberapa sanggar seni yang ada disana. Selain ditampilkan pada acara besar, tarian ini juga sering di tampilkan di acara lain seperti acara penyambutan tamu dan festival budaya. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas akan kesenian Tari Topeng Temenggung ini.

Suka artikel berjudul Tari Topeng Temenggung, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat, Yuk bagikan ke: