Batu Baginde di Belitung



Tidak jauh dari Pantai Penyabong di kawasan Membalong, Belitung, ada sebuah pemandangan batu granit yang sangat besar dan juga menjulang tinggi seperti halnya gunung. Batu ini dikenal dengan sebutan Batu Baginde.

Batu Baginde ini terdiri dari 2 (dua) batu besar yang konon melambangkan pasangan. Masyarakat di sekitar mempercayai bahwa kedua batu tersebut mempunyai jenis kelamin, yaitu pria dan wanita. Letak dari kedua batu besar ini persis di dekat Gunung Baginda. Karena itu, masyarakat di Belitung menyebutnya Batu Baginde.

Pemandangan Batu Baginde dari kejauhan

Konon, di sekitar lokasi Batu Baginde ini sering dijadikan sebagai tempat orang-orang yang mencari pesugihan. Selain itu juga, Batu Baginde ini menjadi salah satu penanda kawasan selatan dari Pulau Belitung.

Pemandangan yang ada di sekitar lokasi Batu Baginde ini terlihat sangat begitu asri dengan banyaknya pepohonan besar yang mengelilingnya. Para pengunjung juga bisa menaiki batu ini sampai ke atas dan menyaksikan pemandangan di sekitar Desa Tanjung Kandis, yaitu tempat Batu Baginde berada.

Suka artikel berjudul Batu Baginde di Belitung, Yuk bagikan ke: