Candi Borobudur, Candi Buddha di Magelang Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Nama Candi Borobudur mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, Iya, candi Buddha terbesar di abad ke-9 ini memanglah sangat terkenal di Indonesia. Kemegahan candi ini membuat setiap orang ingin mengunjungi salah satu candi yang masuk ke dalam 7 (tujuh) keajaiban dunia ini.

Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, yaitu salah satu raja kerajaan Mataram Kuno. Candi ini mempunyai 1460 relief dan juga 504 stupa dengan bentuk bangunan punden berundak-undak yang terdiri dari 10 (sepuluh) tingkat.

Konon, setiap tingkatan pada bangunan Candi Borobudur ini melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai dengan mahzab Buddha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai hal Buddha, harus melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.

Suasana di Borobudur

Jika berkunjung ke candi ini, maka kita akan menyaksikan relief-relief yang sangat indah dan membayangkan betapa mahir pembuatnya yang memperhatikan setiap detail bentuk candi yang berada di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini.

Ada satu keunikan dari Candi Borobudur ini. Jika kita berjalan searah jarum jam maka pada relief Borobudur ini akan bercerita tentang kisah yang sangat melegenda, yaitu Ramayana. 

Candi Borobudur memang mampu membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Selain bentuk arsitekturnya yang sangat indah, keseluruhan relief yang ada di candi Borobudur ini juga mencerminkan ajaran Sang Buddha. Tak mengherankan jika UNESCO mencatat candi Borobudur ini sebagai daftar peninggalan sejarah dunia (World Wonder Heritages).

No comments: