Doncang, Makanan Khas Cirebon Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Selain terkenal dengan empal gentong dan juga nasi jamblang nya, Kota Cirebon juga ternyata mempunyai satu kuliner lainnya yang tak kalah enaknya. Docang namanya, kuliner ini dahulu sangat terkenal sebagai makanan para wali.

Penyebutan docang sebagai makanan para wali tidak hanya sebatas nama, tetapi dikuatkan dengan adanya cerita dari masyarakat yang berkembang selama ini.

Cerita bermula ketika Pangeran Rengganis tidak menyukai kegiatan para wali songo menyiarkan agama islam di Pulau Jawa termasuk di Cirebon. Bermaksud ingin menyudahi kegiatan tersebut, sang pangeran kemudian membuat masakan untuk para wali songo yang sedang berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa. Tentu saja masakan ini sudah dibumbui dengan racun.

Hasil yang dinanti pun ternyata tidak diduga-duga oleh Pangeran Rengganis. Bukannya mati oleh racun, para wali pun malah meminta kembali untuk disajikan masakan yang dibuat pangeran Rengganis.

Makanan Doncang Khas Cirebon

Docang mempunyai cita rasa yang gurih dan segar. Perpaduan lontong, daun singkong, dan juga tauge menjadi paduan bahan yang membuat penganan yang satu ini begitu menggugah selera ketika disajikan. Apalagi siraman kuah yang terbuat dari oncom menambah segar citarasa kuliner khas dari kota Cirebon ini.

Biasanya docang disantap disaat pagi atau malam hari oleh masyarakat di kota berjuluk kota udang ini. Kuah yang hangat serta kerupuk yang renyah dan parutan kelapa di bagian atasnya menjadikan docang ini menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba ketika Anda berkunjung ke Kota Cirebon. 

No comments: