Gempol Pleret, Minuman Khas Jepara Jawa Tengah



Gempol pleret namanya. Minuman tradisional ini banyak dijumpai di kawasan Kota Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Biasanya minuman satu ini disajikan dengan keadaan dingin. Warna merah muda pada pleret yang disajian minuman ini begitu sangat menggoda bagi siapa saja yang mencobanya. Jangan lewatkan untuk mencoba minuman ini ketika anda sedang berada di kota berjuluk Kota Kartini ini.

Minuman Gempol pleret ini terbuat dari bahan utama beras yang digiling dengan halus. Sesudah menjadi tepung beras, kemudian diaduk dengan ditambahkan sedikit air sehingga menjadi sebuah adonan. Setelah menjadi adonan, lalu untuk gempol dibentuk menjadi bulat sementara pleret sendiri dibentuk menjadi pipih dan berwarna merah muda. Kedua bentuk adonan yang berbeda inilah yang kemudian menjadikan sebuah minuman yang diberi nama gempol pleret. Sajian gempol pleret ini akan bertambah nikmat dengan dicampurankan bahan seperti sirup, santan dan kemudian diberi es.

Proses pembuatan Gempol Pleret

Gempol pleret disajikan didalam wadah mangkok. Satu mangkuk gempol pleret ini begitu segar untuk dinikmati. Lembutnya tekstur gempol serta kenyalnya tekstur pleret berpadu dengan manisnya sirup dan juga kuah santan dan es menjadikan jaminan kesegaran untuk siapa saja yang menikmatinya.

Satu mangkuk gempol pleret ini biasanya dijual dengan harga Rp5.000. Untuk menikmati kuliner ini, Anda bisa menuju Shopping Center Jepara (SCJ) yang posisinya berdekatan dengan Alun-Alun Kota Jepara, Jawa Tengah. Bila anda sedang berada di Jepara, Jangan lewatkan untuk mencoba minuman khas dari Jepara yang satu ini.

Suka artikel berjudul Gempol Pleret, Minuman Khas Jepara Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: